Berita  

[Update] Vasco Ruseimy Ditugaskan Gerindra Bertarung di Pilgub Sumbar 2024 – Mamecoin.id

Mamecoin.id.ID, Jakarta – Partai Gerindra bersiap menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2024. Partai yang dipimpin Presiden terpilih Prabowo Subianto itu menunjuk kadernya, Vasco Ruseimy, menghadapi calon petahana Mahyeldi Ansharullah.

Penugasan terhadap Vasco Ruseimy itu diungkap oleh Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade. “Vasco Ruseimy telah mendapatkan tugas untuk berjuang di Pilgub Sumbar. Ini menunjukkan Gerindra serius menghadapi kontestasi lima tahunan ini. Saya sebagai ketua DPD Gerindra Sumbar mengumumkan secara resmi, DPP telah menugaskan kadernya ikut masuk bursa,” jelas Andre sebagaimana yang dikutip dari Padang Ekspres pada Senin (3/6/2024).

Lihat Juga: Golkar Pastikan Koalisi Prabowo – Gibran Tetap Satu Frekuensi di Pilgub Jakarta

Andre Rosiade menyebut, Vasco juga sudah sampai di Kota Padang untuk mengikuti proses asesmen penyaringan calon Gubernur dan wakil Gubernur yang dilakukan Partai Gerindra Sumbar kemarin. “Vasco langsung diminta ke Sumbar untuk memastikan keikutsertaannya. Selain proses di Gerindra, tentu juga akan menggalang dukungan dari tokoh-tokoh dan masyarakat,” kata anggota Dewan Pembina Partai Gerindra ini.

Selain di Gerindra, Vasco juga ditugaskan untuk menjalin komunikasi dengan partai-partai lain untuk berkoalisi. Karena dengan 10 kursi DPRD Sumbar hasil Pileg 2024, Gerindra tak bisa mengusung pasangan calon sendiri. Tapi minimal harus mendapatkan tiga kursi lagi untuk mengumumkan pasangan calon yang akan didaftarkan ke KPU Agustus 2024.

“Kita akan lihat bagaimana ke depan. Berkoalisi dengan partai mana dan berpasangan dengan siapa. Yang pasti, pada Pilgub Sumbar 2024 Gerindra tak main-main dan telah menyiapkan kader terbaiknya untuk maju,” ungkap Anggota Komisi VI DPR ini.

Meski telah menunjuk Vasco, tetapi Partai Gerindra belum menegaskan posisi apa yang ditempati Vasco. Apakah calon gubernur (cagub) atau calon wakil gubernur (cawagub)?

Baca Juga: Gerindra Terus Menebar Kebaikan: Hendri Juniansyah Tinjau Banjir di Lubuklinggau

Dengan hadirnya Vasco, maka figur-figur yang berpotensi maju di Pilgub Sumbar dan langsung terafiliasi dengan partai sudah tiga orang. Yaitu, calon petahana Mahyeldi Ansharullah yang kini menjabat ketua DPW PKS Sumbar, Epyardi Asda yang kini menjabat bupati Solok dan ketua DPP PAN, dan Vasco Ruseimy dari Gerindra.

Meski ketiganya berasal dari parpol, namun belum jelas posisi pencalonan masing-masing. Sebab, parpol-parpol di Sumbar berdasarkan jumlah perolehan kursi di DPRD provinsi tidak bisa mengusung pasangan calon sendiri. Mereka harus berkoalisi, termasuk PKS yang menjadi parpol pemenang di Pemilu 2024 hanya memperoleh 10 kursi di DPRD Sumbar. Sementara syarat minimal untuk mengusung pasangan cagub-cawagub harus 13 kursi perwakilan di DPRD Sumbar.

Sementara itu, Epyardi Asda yang lebih dulu mendeklarasikan diri bakal maju di Pilgub Sumbar belum memastikan bangunan koalisi PAN di kontestasi pilgub. Dia mengklaim terus membangun komunikasi dengan partai lain untuk membentuk koaali. “Sejauh ini bagus,” ungkap Epyardi Asda saat dihubungi JawaPos.com dari Jakarta, Senin (3/6/2024).

Dengan munculnya sosok Vasco, bupati Solok itu tidak berkomentar banyak. “Kita ikut kata partai saja,” tegas bupati yang lama berprofesi sebagai nahkoda itu.

Simak Juga: Prabowo Bertemu Zelenskyy, Diberi Ucapan Selamat dan Bahas Kolaborasi Industri Pertahanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *