Berita  

[Update] Usulan Bupati Sugeng Diterima, 2.239 UMKM di Tapteng Akan Dapat Modal KUR Berita Terkini Medan Sumut

Kinerja Pj Bupati Tapanuli Tengah, Dr Sugeng Riyanta SH, MH, untuk masyarakat Kabupaten Tapteng membawa kabar bahagia.

Sebelumnya, suami dari Ny Adde R.W SH, berkoordinasi dengan Kementerian Perekonomian RI dan Kementerian Perdagangan RI, membahas pengembangan dan upaya penurunan kemiskinan ekstrim di Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara, saat di Jakarta beberapa hari lalu.

Menindaklanjuti usulan tersebut, Sugeng Riyanta memerintahkan Kaban Bappeda, Kadis Perindag dan Kadis Pertanian, segera mempersiapkan dan membuat usulan sesuai yang diminta oleh kementerian Perekonomian dan Kementerian Perdagangan, sehingga tujuan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah dapat terwujud dengan cepat.

Kabar bahagia itu datang setelah Plh Sekda Pemkab Tapteng, Erman Syahrin Lubis bersama OPD melakukan Rapat Persiapan Penyaluran KUR di Kabupaten Tapanuli Tengah bersama Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, yang diwakili oleh Asisten Deputi pasar modal dan lembaga Keuangan, Gede Edy Prasetya, melalui zoom meeting berlangsung di Ruang Rapat Garuda Kantor Bupati Tapanuli Tengah, pada Selasa (30/1/2024). 

Erman Syahrin Lubis selaku Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah menyampaikan, Pemkab Tapteng mengucapkan terimakasih atas atensi dari jajaran Kementerian Perekonomian atas respon dari usulan 2.239 UMKM Kabupaten Tapanuli Tengah untuk mendapatkan bantuan KUR, yang mana tujuannya untuk meningkatkan perekonomian dan pengentasan kemiskinan, serta akan memperbaiki perekonomian masyarakat di ‘Negeri Wisata Sejuta Pesona’.

“Kami memohon kepada Kementerian Perekonomian RI untuk bisa memfasilitasi penyaluran KUR untuk Masyarakat Kabupaten Tapteng dari beberapa bidang, diantaranya bantuan KUR untuk bidang pertanian, kelautan dan Perikanan, bidang perdagangan serta bidang lainnya,” kata Plh Sekda Pemkab Tapteng.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, diwakili Asisten Deputi pasar modal dan lembaga Keuangan, Gede Edy Prasetya menanggapi permohonan Pemkab Tapteng.

“Kami dari Kementerian Perekonomian RI juga siap untuk membantu Penyaluran KUR ini yang mana usulan nama nama pelaksana UMKM yang layak menerima sudah kami terima dari usulan yang diajukan oleh Pj Bupati Tapanuli Tengah, Bapak Sugeng Riyanta. Kami juga akan mengajak Perbankan untuk penyaluran KUR ini, tentu ada beberapa hal yang harus di lengkapi terkait dengan data yang dibutuhkan, dan juga para pihak Perbankan akan melakukan pemeriksaan atau survei langsung ke lapangan,” jelasnya.

Lanjut Asisten Deputi pasar modal dan lembaga Keuangan, Gede Edy Prasetya, juga menyampaikan beberapa hal terkait dengan penyaluran KUR ini.

“Harapan kami juga dalam hal penyaluran KUR ini dilakukan juga sosialisasinya, sehingga para pelaku UMKM paham dengan KUR yang disalurkan,” ungkapnya.

Menanggapi beberapa hal yang disampaikan oleh Asisten Deputi pasar modal dan lembaga Keuangan, Gede Edy Prasetya, para pihak Perbankan berupa dari Bank Sumut, BSI, BNI, Mandiri, BRI, siap untuk melakukan penyaluran KUR dan melakukan sosialisasi terkait dengan Penyaluran KUR.

Editor: Arman Junedy


T#g:Dana KURPelaku UMKMSekda TaptengUMKM Tapteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *