Berita  

[Update] UMKM Berdaya Melalui Kekuatan Sosial Media

Mamecoin.id – Pemanfaatan media sosial oleh UMKM menjadi hal yang sangat penting karena saat ini mayoritas masyarakat sudah beralih ke media sosial sebagai sarana untuk mencari informasi, berkomunikasi, atau bahkan berbelanja.

Sebab itu, komisi I DPR RI, bekerjasama dengan Ditjen APTIKA Kominfo melaksanakan seminar dengan tema “UMKM Berdaya melalui Sosial Media”. Seminar ini dilaksanakan pada Minggu (11/2/2024) di Hotel Amanda Tebing Tinggi.

“Dengan memanfaatkan media sosial, UMKM dapat memperluas jangkauan pasar mereka tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang besar. Mereka dapat memanfaatkan berbagai platform seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan,” ucap Meutya Hafid selaku Ketua Komisi I DPR RI dalam sambutannya

Meutya Hafid juga mengatakan bahwa, melalui media sosial UMKM juga dapat memperkuat relasi dengan pelanggan mereka.

“Mereka dapat menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan, menerima kritik dan saran, serta memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang mereka tawarkan,” tambahnya.

“Dengan begitu, UMKM dapat lebih memahami kebutuhan dan keinginan pasar, sehingga dapat melakukan penyesuaian yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa mereka,”sambungnya. 

Ayu Safitri selaku Owner AyuShop Tebing Tinggi, menyetujui pendapat Meutya Hafid bahwa, UMKM memang sudah seharusnya menyesuaikan dengan perkembangan zaman melalui media sosial.

“Saya sendiri sebagai pelaku UMKM sangat terbantu dengan adanya media sosial ini, dengan secara konsisten membangun citra brand melalui media sosial, UMKM kami dapat menciptakan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa yang kami tawarkan,” katanya.

“Oleh karena itu, pelaku UMKM perlu terus melakukan inovasi dan adaptasi terhadap perkembangan teknologi, termasuk dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran,” lanjut Ayu. (*)

(Tebingtinggi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *