Berita  

[Update] Tomat dan Ikan Tongkol Bertahan Murah

Mamecoin.id – Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di Kota Medan dan sekitarnya mengalami penurunan di akhir pekan. 

Harga bawang merah turun dalam rentang Rp30 ribu hingga Rp35 ribu per Kg, sementara harga daging ayam turun lagi hingga menyentuh Rp30 ribu per Kg nya. 

Dua komoditas tersebut menjadi komoditas yang paling besar mengalami penurunan harga di bulan Juni ini.

Selanjutnya, harga ikan tongkol juga kembali berbalik turun dikisaran Rp13 ribu per Kg dari posisi awal pekan yang sempat ditransaksikan Rp18 ribu per Kg. 

Sementara itu, harga tomat masih bertahan murah di level Rp7 ribu hingga Rp10 ribu per Kg untuk kualitas medium ke super. Dua komoditas tersebut sejauh ini masih masih bertahan murah sejak akhir mei kemarin.

Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, memperkirakan harga daging ayam sudah mencapai titik terendahnya saat ini. 

Dan harganya sudah berada pada titik keseimbangan yang ideal dari hulu ke hilir. Potensi penurunan memang masih tetap terbuka pada harga daging ayam. 

“Walaupun saya menilai sementara berpeluang turun dalam rentang Rp28 ribu hingga Rp30 per Kg. Hingga ada evaluasi selanjutnya,” kata Gunawan di Medan, Sabtu (8/7/2024).

Selanjutnya untuk harga bawang merah juga masih berpeluang turun, meskipun sangat bergantung pada pasokan dari sumber produksi bawang merah di Pulau Jawa. 

Gunawan yakin pasokan akan terus bertambah hingga tutup bulan Juni. Harapannya harga bawang merah bisa mencapai harga keekonomian yang nyaman buat petani dan konsumen. 

“Ekspektasinya harga bawang merah bisa ditransaksikan dalam rentang Rp27 ribu hingga Rp30 ribu per kg,” ucapnya.

Di sisi lain, lanjut Gunawan, harga komoditas lainnya seperti ikan tongkol, dencis hingga tomat akan bertahan murah di bulan Juni ini. 

Dua komoditas tersebut walaupun bisa berbalik arah (naik) dalam waktu dekat, namun Mamecoin.id menilai masih berpeluang untuk menyumbang deflasi di bulan Juni.

Selebihnya, komoditas lain yang berpeluang untuk turun harga adalah cabai merah dan bawang putih. Sejauh ini cabai merah masih bertahan mahal dalam rentang Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per kg. 

Akan tetapi tren harga cabai merah di Sumut berpeluang untuk turun di bulan Juni, walaupun sinyal penurunannya tidak begitu kuat. Namun, potensi tekanan cabai merah di bulan selanjutnya sangat terbuka.

“Selebihnya, harga kebutuhan pangan strategis lainnya masih bergerak stabil. Seperti beras, gula pasir, minyak goreng hingga telur ayam. Walaupun saya menekankan bahwa ada beberapa komoditas yang rawan naik. Seperti harga minyak goreng, dan beras,” pungkasnya. (*)

(Medan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *