Berita  

[Update] Tim PKM LPPM Unimed Gelar Pelatihan dan Pendampingan Analisis Cerpen Berlatar Sumut di SMPN 15 Medan

 

MEDAN(Mamecoin.id): Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Prodi Sasindo Unimed (Selasa, 4 Juni 2024) melaksanakan pelatihan dan pendampingan bagi Guru Bahasa Indonesia dan siswa SMPN 15 Medan untuk menganalisis cerpen berlatar Sumatera Utara berbasis studi analisis strukturalisme genetik.

 

Tim pelaksana diketuai oleh Dr. M. Surip, M.Si dan para anggota Dr. Syairal Fahmy Dalimunthe, M.I.Kom, M. Anggie J. Daulay, S.S., M.Hum., Dr. M. Oky F. Gafari, M. Hum dan Hendra K. Pulungan, S.Sos., M.I.Kom serta dibantu oleh tim mahasiswa prodi Sastra Indonesia Unimed.

 

Kedatangan tim PKM Sasindo Unimed disambut hangat oleh Kepala SMPN 15 Medan Dr. Tiurmaida Situmeang, S.Pd., M.Pd yang dalam sambutannya memberikan apresisasi yang sebesar-besarnya atas pelaksanaan kegiatan pengabdian ini.

 

“Jujur, kami sangat senang disambangi para ahli di bidangnya, apalagi narasumber yg dihadirkan memang pakar di bidang kurikulum dan bidang sastra. Guru-guru di sini juga turut senang, dialog yg dibangun sangat konstruktif. Melalui kegiatan ini, pengetahuan kita jadi bertambah tentang substansi cerpen berlatar Sumatera Utara” tutupnya.

 

Ketua Tim PKM Dr. M. Surip, M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih pada pihak SMPN 15 Medan yang telah menyambut baik serta berkenan meluangkan waktu serta menyediakan tempat sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu dari kegiatan Tri Darma Perguruan tinggi, dimana para dosen harus memiliki kontribusi yang positif pada masyarakat dalam hal ini adalah SMPN 15 Medan.

 

Kegiatan yang berlangsung mulai pagi hari diikuti oleh 5 orang guru Bahasa Indonesia dan 10 orang perwakilan siswa. Pemaparan materi pertama dimulai oleh narasumber Dr. M.Oky F. Gafari, M.Hum terkait dengan implementasi kurikulum merdeka khususnya pada materi Sastra bidang studi Bahasa Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua oleh narasumber M. Anggie J. Daulay, S.S., M.Hum terkait analisis strukturalisme genetik pada cerpen berlatar Sumatera Utara yang dilanjutkan dengan pendampingan bagi guru-guru Bahasa Indonesia untuk dapat menganalisis cerpen menggunakan teori tersebut.

 

Kemudian Tim PKM Sasindo Unimed juga membagikan buku kumpulan cerpen “Malim Pesong” karya Hasan Al Banna (sastrawan Sumatera Utara) yang nantinya dapat dianalisis oleh para guru sebagai implementasi dari kegiatan ini. Diakhir kegiatan ketua tim PKM, Dr. M. Surip, M.Si mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang diberikan oleh pihak sekolah dan berjanji akan melakukan kunjungan yang kedua sebagai kelanjutan dari kegiatan pengabdian ini.P07


Dilihat : 22

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *