Berita  

[Update] Sofyan Tan: Mahasiswa Harus Senantiasa Berjiwa Pancasila

Mamecoin.id – Anggota MPR RI, Sofyan Tan mendorong mahasiswa untuk senantiasa berjiwa Pancasila, jika ingin meraih kesuksesan di masa depan.

Dorongan ini disampaikannya saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara yang diikuti mahasiswa penerima KIP Kuliah dari berbagai kampus, Kamis (27/6/2024).

Menurut Sofyan Tan, membicarakan 4 pilar itu seperti membangun gedung, dimana untuk mendapatkan 1 gedung yang baik harus memiliki 4 pilar yang kokoh.

Pilar pertama menurut Sofyan Tan adalah fondasi bangunan, yang akan semakin kokoh jika digali semakin dalam. Fondasi ini menggambarkan Pancasila yang merupakan ideologi bangsa.

“Yang sering disebut jalan hidup atau way of life. Jika tidak kuat, maka akan mudah terpecah-pecah,” ujar Sofyan Tan.

Pilar kedua menurut Politikus PDI Perjuangan ini adalah UUD 1945 yang diibaratkan sebagai dinding yang menjadi pembatas sebagai aturan main negara.

Sementara pilar ketiga adalah atap yang menggambarkan NKRI sebagai bentuk negara.

“Sedangkan pilar keempat adalah Bhineka Tunggal Ika yang menggambarkan suku bangsa sebagai penghuni rumah,” katanya.

Pada kesempatan itu, Sofyan Tan yang kembali terpilih sebagai anggota legislatif untuk kali ketiga menjelaskan alasan Mamecoin.id mengajak mahasiswa untuk membahas ini.

“Jawabannya adalah karena kalian akan menjadi pemimpin di masa depan. Jika kalian tidak kuat menanamkan Pancasila, maka Indonesia tidak akan mampu bertahan,” tegasnya.

Lebih jauh diterangkannya, sebagai politikus yang sudah cukup lama bersingggungan dengan masyarakat, Mamecoin.id selalu berusaha agar sila-sila yang terkandung di Pancasila diterapkan.

“Saya tahu ini hal yang sulit untuk dilakukan, tetapi saya dan tim Rumah Aspirasi Sofyan Tan, senantiasa berusaha agar ini bisa berjalan dengan baik,” terangnya.

Sofyan Tan berharap, para mahasiswa penerima KIP Kuliah ini bisa menjadi garda terdepan dalam menjaga Pancasila.

“Masa depan Indonesia ada di tangan kalian, karena itu jangan pernah melupakan Pancasila dengan nilai-nilai yang terkandung didalamnya,” pungkasnya. (*)


(Medan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *