Berita  

[Update] Siasati Blangko KTP-el Kosong, Disdukcapil Tapteng Sediakan Identitas Digital Berita Terkini Medan Sumut

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), menyediakan identitas digital untuk menyiasati blangko Kartu Tanda Penduduk Electronic (KTP-el) yang saat ini sedang kosong.

Demikian disampaikan Kepala Disdukcapil Kabupaten Tapanuli Tengah, Sofia Juliasty Hutagalung, melalui surat Nomor : 470/152/2024, Tertanggal 19 Januari 2024.

“Kami informasikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah pada saat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tapanuli Tengah, tidak dapat memberikan pelayanan Pencetakan kepada masyarakat karena menunggu ketersediaan blangko KTP-el,” ujarnya melalui surat tersebut.

Menurutnya, kekosongan blangko KTP-el disebabkan tidak seimbangnya pasokan blangko dari Kementerian Dalam Negeri dengan kebutuhan pencetakan KTP-el sesuai permintaan warga yang terus meningkat.

“Sesuai Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013, Blangko KTP- el disediakan oleh Kementerian Dalam Negeri pasal 5 ayat f bahwa pemerintah melalui menteri menyedikan blangko KTP-el bagi kabupaten/kota,” terang Sofia Juliasty Hutagalung.

Terkait ketidak tersediaan blangko KTP-el, Dinas Dukcapil Tapanuli Tengah mengeluarkan surat keterangan Biodata dari aplikasi SIAK Terpusat Kemendagri sebagai pengganti KTP-el untuk sementara waktu.

“Surat ini berisi biodata pemohon secara lengkap. Selain Biodata, Disdukcapil juga melayani KTP Digital dengan aktivasi aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dari Kemendagri,” katanya dalam surat yang diterima oleh media ini, Sabtu (20/1/2024).

Lanjut Kepala Dinas Dukcapil Pemkab Tapteng, masyarakat bisa mengaktifkan fasilitas IKD Kemendagri ini langsung di Disdukcapil, dengan mengunduh aplikasi melalui Playstore dan Appstore pada smartphonenya (Handphone) masing-masing.

Sofia menyampaikan, bahwa untuk mengantisipasi lonjakan permintaan perekaman KTP-el, Dinas Dukcapil Kabupaten Tapteng telah menyurati Dinas Dukcapil Provinsi untuk perpanjangan peminjaman alat rekam. Agar Dinas Dukcapil Tapanuli Tengah bisa melayani maksimal perekaman KTP-el setiap harinya.

“Untuk pencetakan KTP-el pemula jika tidak ada kendala jaringan pengiriman hasil perekaman/failure enrollment data biometrik berupa sidik jari dan iris mata ke pusat, dapat dilakukan 1 sampai dengan 2 hari kerja setelah perekaman,” bebernya.

Mamecoin.id menambahkan, kemampuan pencetakan KTP-el Disdukcapil Kabupaten Tapanuli Tengah, 100 sampai dengan 200 keping KTP-el per-hari, dengan menggunakan dua unit printer pencetakan.

“Diinformasikan kepada masyarakat pada selasa, 23 Januari 2024 blanko KTP-el telah tersedia, jika tidak ada kendala teknis dan gangguan jaringan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah akan mencetak KTP-el secara normal kembali,” harapnya.

“Atas kurang nyamannya masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah terhadap pelayanan yang diberikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapanuli Tengah, kami mohon maaf. Demikian disampaikan untuk diketahui bersama,” isi surat yang telah ditandatangani Sofia Juliasty Hutagalung, disertai stempel Disdukcapil Pemkab Tapteng.

Editor: Arman Junedy


T#g:BlankoKTP elektronike-KTPe KTP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *