Berita  

[Update] Sekdaprov Harap RPJPD Sumut 2025 – 2045 Selaras dengan Visi Indonesia Emas

FOTO: Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Arief S Trinugroho membuka Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025 -2045 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2025 Provinsi Sumut di Grand Mercure, Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Kamis (11/1/2024)

 

MEDAN (Mamecoin.id): Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Arief S Trinugroho berharap agar penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumut selaras mendukung pencapaian Indonesia Emas.

 

Hal itu disampaikan Sekdaprov Arief Trinugroho saat membuka Acara Forum Konsultasi Publik RPJPD tahun 2025 – 2045 dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2025 Provinsi Sumut, di Grand Mercure Medan Angkasa Hotel Jalan Sutomo Nomor 1, Medan, Kamis (11/1)

 

“Pada kesempatan ini, saya berharap penyusunan RPJPD Tahun 2025 – 2045 di tingkat provinsi dan kabupaten/kota selaras mendukung pencapaian visi Indonesia Emas. Untuk mewujudkan negara nusantara berdaulat, maju dan berkelanjutan,” ujar Arief S Trinugroho.

 

Selain itu, Arief juga meminta, dalam penyusunan RPJPD tersebut agar mengaktifkan komunikasi dan koordinasi antarpihak, dan tidak segan mengembangkan kolaborasi dan inovasi. Sehingga terwujudnya pembangunan Sumut yang unggul, maju dan berkelanjutan.

 

Disampaikan juga, selaras dengan arah kebijakan RPJPN 2025-2045, delapan misi RPJPD Provinsi Sumut juga akan melakukan transformasi menyeluruh pada aspek sosial, ekonomi, dan tata kelola pemerintahan. Mewujudkan masyarakat demokratis dengan penciptaan lingkungan aman dan stabilitas ekonomi makro. Ketahanan sosial, budaya dan ekologi. Pembangunan kewilayahan yang merata dan adil berbasis karakteristik wilayah. Serta pembangunan sarana dan prasarana yang berkualitas dan ramah lingkungan.

 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumut Hasmirizal Lubis mengatakan, ada lima sasaran utama pembangunan RPJPD Sumut kedepan, yaitu peningkatan pendapatan perkapita, pengurangan tingkat kemiskinan dan ketimpangan, meningkatkan peran dan posisi Sumut di tingkat nasional dan global, peningkatan daya saing sumber daya manusia, dan penurunann emisi gas rumah kaca.

 

“Untuk itu, agar mecapai visi besar menjadi Sumut unggul, maju, berkelanjutan di 2045, kita harus melakukan lompatan besar,” kata Hasmirizal Lubis.

 

Sementara itu, Deputi Regional I Kementerian PPN/Bappenas Abdul Malik Idris yang hadir secara daring mengatakan, Tema Pembangunan Sumut dalam RPJMN 20125-2045 adalah pusat pengembangan bioindustri dan pariwisata bertaraf global, serta mandala keberagaman budaya yang harmonis.

 

“Sumatera Utara dapat berfokus untuk mengembangkan potensi unggulannya pada sektor bioindustri dan sektor pariwisata. Sehingga diperlukan industrial policy dan transformative project yang dapat diintegrasikan dalam RPJPD,” jelasnya.

 

Turut hadir pada kesempatan itu, Kasubdit Perencanaan dan Evaluasi Wilayah I Kemendagri Bagus Agung Herbowo (secara daring), Deputi Bank Indonesia Perwakilan Sumut Yura Djalin, Kepala BPS Sumut Nurul Hasanuddin, Perwakilan Forkopimda Sumut, para Kepala OPD Pemprov Sumut, dan perwakilan Pemerintah Kabupaten/Kota se Sumut.**

 

 

 


Dilihat : 18

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *