Berita  

[Update] Sejumlah Konjen dan Konsulat Asing Site Visit ke Sumut Berita Terkini Medan Sumut

Tim North Sumatera Invest (NSI) melakukan site visit ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut), salah satunya Kota Pematangsiantar. Kunjungan tersebut dalam rangka mempromosikan sejumlah daerah yang mempunyai peluang investasi. Tujuannya untuk mendorong dan memajukan sektor investasi sehingga perekonomi di Sumut, tumbuh. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumatera Utara (Sumut) Faisal Arif Nasution mengatakan, NSI merupakan forum kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia. 

“NSI Investment Challenge 2024 yang diluncurkan pada Februari lalu diikuti 33 kabupaten/kota, berhasil menjaring 20 peluang investasi di 16 kabupaten/kota,” kata Faisal Arif Nasution saat membuka Site Visit (kunjungan) Tim North Sumatera Invest (NSI) ke Kantor Walikota Pematangsiantar, Selasa (25/6).

Faisal mengatakan target investasi di Sumut tahun 2024 sebesar Rp58 triliun. Pada tahun 2023 realisasi investasi di Sumut mencapai Rp50 triliun “Ini target besar pada tahun 2024, sehingga kami terus melakukan konsolidasi untuk bisa merealisasikan investasi di Sumut baik lewat penanaman modal asing (PMA) maupun penanaman modal dalam negeri (PMDN),” kata Faisal 

Faisal menerangkan, bahwa site visit ini merupakan bagian dari upaya promosi proyek investasi strategis di Sumut. Diharapkan site visit dapat menarik minat investor luar negeri untuk berinvestasi ke Sumut sehingga dalam rangkaian kegiatan ini sengaja membawa para Konsulat Jenderal (Konjen) yang ada di Medan. 

Adapun konjen yang hadir seperti Konjen RI di Penang, Konjen Singapura di Medan, Konjen USA, Konjen Jepang, Konjen Malaysia, dan Konjen Tiongkok. Membawa pula beberapa Konsulat Kehormatan Belanda di Medan, Konsulat Kehormatan Jerman, Konsulat Kehormatan Thailand di Medan.

Kegiatan ini, katanya, akan berlanjut sampai agenda NSI Day pada 3 Juli 2024. Acara NSI Day ini diharapkan dapat menjadi kegiatan puncak promosi investasi yang akan melibatkan kementerian dan lembaga, termasuk kantor perwakilan BI di luar negeri dan pengusaha baik nasional maupun mancanegara untuk mempromosikan proyek investasi di Sumut.

“NSI Investment Challenge 2024 yang diluncurkan pada Februari lalu diikuti 33 kabupaten/kota, berhasil menjaring 20 peluang investasi di 16 kabupaten/kota,” ujarnya. 

Faisal juga berpesan kepada Walikota Pematangsiantar Susanti Dewayani bahwa investasi butuh keseriusan, tidak hanya mempromosikan satu daerah, tapi perlu menyajikan satu dokumen yang disebut IPRO yang akan disampaikan kepada investor agar mereka tertarik.

“Kami berharap juga keberpihakan APBD untuk dapat menghadirkan calon investor potensial di Sumut. Pematangsiantar juga jadi daerah yang akan menyelenggarakan PON karena salah satu cabor ada di sini yakni tinju (boxing). Pemakaian topi PON Ini juga jadi upaya kita menyuskeskan PON 2024 yang digelar 8-20 September 2024,” ucap Faisal.

Editor: Mamecoin.id

T#g:Konsulatsite visit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *