Berita  

[Update] Satu Jamaah Haji Asal Sabang Meninggal Dunia di Mekkah

Mamecoin.id, Mekkah — Innalillahi Wainna Ilaihi Raji’un. Seorang jamaah haji Aceh asal Kota Sabang, Ruhamah binti Hasan Amin (84) meninggal dunia di Tanah Suci Mekkah, Rabu, 5 Juni 2024, pukul 20.55 Waktu Arab Saudi (WAS).

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh Azhari mengatakan, Ruhamah adalah jamaah haji kelompok terbang (kloter) 01. Jamaah asal Ujong Kareung Kota Sabang tersebut meninggal dunia di Rumah Sakit King Faisal, Mekkah.

Menurut sertifikat kematian (CoD) yang dilkeluarkan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah, Ruhamah didiagnosa mengalami Syok Kardiogenik (cardiogenic shock), Acute Coronary Syndrome, Cronic Heart Failure, Cardiomegaly dan Senility.

Azhari mengatakan pihak maktab sudah melakukan proses fardhu kifayah dan pengurusan jenazah.

“Almarhumah sudah dimakamkan di Makbarah syuhada Syarair. Kita doakan semoga almarhumah diampuni segala dosanya dan ditempatkan di sisi Allah Swt,” ujar Azhari.

Pemerintah Indonesia, kata Azhari, memfasilitasi badal haji bagi jamaah yang berhak. Seperti, jamaah haji yang meninggal dunia sebelum puncak haji dan mereka yang dirawat karena sakit.

Secara regulasi, ada tiga kelompok jamaah haji Indonesia yang bisa dibadalhajikan melalui program pemerintah.

Pertama, jamaah yang meninggal dunia di asrama haji embarkasi atau embarkasi antara, saat dalam perjalanan keberangkatan ke Arab Saudi, atau di Arab Saudi sebelum wukuf di Arafah.

Kedua, jamaah yang sakit dan tidak dapat disafariwukufkan dan ketiga, jamaah yang mengalami demensia. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *