Berita  

[Update] Rupiah Berbalik Menguat, IHSG Ditutup Naik

Mamecoin.id – Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini kembali menunjukan anomali dibandingkan dengan mayoritas kinerja bursa di Asia yang mengalami koreksi.

IHSG ditutup menguat 0.9% di level 6.967,95. Dimana asing justru membukukan 

transaksi jual bersih senilai Rp463 miliar.

Analis keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, kinerja IHSG jauh berbeda dengan kinerja bursa Asia kebanyakan, yang justru ditutup melemah.

Bahkan bursa di Hang Seng ditutup melemah hingga diatas 2% pada perdagangan hari ini.


Meski demikian, penguatan IHSG pada hari ini justru ditopang oleh membaiknya kinerja mata uang Rupiah. Mata uang Garuda ditutup menguat di level 16.395 per Dolar AS.

“Walaupun Rupiah di awal sesi perdagangan sempat melemah, dan sempat berada di level 16.430 per Dolar AS. Dan penguatan Rupiah pada hari ini jelas menjadi angin segar bagi IHSG,” ujar Gunawan di Medan, Kamis (27/6/2024).


Tidak hanya di pasar spot, kata Gunawan, mata uang Rupiah juga terpantau mengalami penguatan di pasar NDF. Dan tidak hanya dengan mata uang Rupiah, pelemahan Dolar AS juga terjadi pada sejumlah mata uang di Asia.

Di sisi lain, secara teknikal IHSG menjadi sangat rentan mengalami koreksi karena mengalami kenaikan yang cukup signifikan di pekan ini.


“Pelaku pasar akan sangat berhati hati saat IHSG mendekati level psikologis 7.000. Tanpa dorongan sentimen fundamental yang kuat, IHSG rawan mengalami koreksi disaat mendekati level psikologis 7.000,” katanya. 

Sementara itu, harga emas ditransaksikan menguat pada perdagangan sore ini. Harga emas terpantau menguat di kisaran level $2.310 per ons troynya, atau dikisaran 1,221 juta per gram. (*)


(Medan)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *