Berita  

[Update] Revitalisasi Pasar Akik, Ketua Komisi III : “Sepanjang Untuk Kepentingan Umum Kita Dukung”

Foto : Ketua Komisi III DPRD Medan Afif Abdillah

MEDAN (Mamecoin.id) : Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan Afif Abdillah menegaskan, sepanjang untuk kepentingan umum apapun yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Medan tetap didukung.

“Sepanjang untuk kepentingan umum apapun yang dilakukan Pemko Medan tetap kita dukung termasuk revitalisasi Pasar Akik di Jalan AR Hakim, Kelurahan Sukaramai II, Kecamatan Medan Area yang kemaren dilakukan peletakan batu pertamanya oleh Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution,” kata Afif Kamis (11/7/2024).

Meskipun diakui Afif, jalan itu merupakan akses keluar masuknya masyarakat sekitar, namun sudah bertahun-tahun Jalan Akik ujung yang bersebelahan dengan Pasar Sukaramai itu telah diberdayakan menjadi pasar tempat jual beli.

Sedangkan retribusi yang dipungut dari pedagang, hanya untuk keuntungan oknum tertentu. Padahal diketahui
kawasan milik Pemko Medan, jelas Afif.

Namun melihat peluang pasar Akik itu dapat dijadikan sumber
Pendapatan Asli Daerah
(PAD), Pemko Medan sepakat melakukan revitalisasi dengan tujuan untuk menata, memperindah, dan mempercantik layaknya pasar tradisional yang legal.

“Jadi, pada prinsipnya Pemko Medan, berhak melakukan, pembangunan atau revitalisasi pasar dalam upaya mempercantik atau memperindah objek yang akan dijadikan pasar, dengan tujuan agar pedagang maupun pembeli merasa nyaman,”kata Afif.

Ketika disinggung peruntukannya,
Afif mengatakan, itu harus ada, dan akan dia minta saat rapat evaluasi nanti.

Namun yang pasti kata Afif
tujuan revitalisasi Pasar Akik, selain menata rapi lokasi pasar, juga akan menghasilkan sumber PAD bagi Pemko Medan, tidak seperti yang terjadi selama ini, menguntungkan oknum tertentu.

Disinggung soal sewa menyewa lapak, Afif berharap Pemko Medan tidak membuat harga mahal, harga yang diterapan
hatus terjangkau sehingga tidak memberatkan pedagang yang akan berjualan di pasar Jalan Akik tersebut setelah selesai revitalisasi, nanti pinta Afif.

Untuk diketahui Pasar Akik di Jalan AR Hakim, Kelurahan Sukaramai II, Kecamatan Medan Area direvitalisasi yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wali Kota Medan Muhammad Bobby Nasution Afif, Jumat (5/7/24).

Pasar yang terletak disamping pasar Sukaramai ini ditargetkan akan selesai selama 3 bulan. Selama revitalisasi Wali Kota Medan 7berpesan kepada Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar memastikan investor yang akan membangun memiliki kepastian hukum yang jelas.

“Tolong dipastikan kepastian hukum investor yang akan membangun pasar Akik. Karena ini menjadi percontohan ditempat yang kita ketahui sebelumnya lokasinya statusnya seperti apa. Berikan kepastian hukum jangan nanti para investor trauma untuk berinvestasi di sektor krusial di kota Medan,”kata Bobby.

Bobby juga berpesan kepada PUD Pasar agar dapat memfasilitasi para pedagang yang berjualan di Pasar Akik tersebut selama masa pembangunan.P06

 


Dilihat : 29

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *