Berita  

[Update] Produksi Alas Toilet Ramah Lingkungan, NextEra Raih Tiga Penghargaan

Mamecoin.id – NextEra, perusahaan rintisan yang dikelola oleh siswa SMA Plus Pembangunan Jaya Bintaro, Tangerang Selatan berhasil memproduksi alas toilet ramah lingkungan dengan merek Sanitashield.

Inovasi ini lantas menuai prestasi sebagai juara kompetisi student company tingkat regional (Regional Student Company Competition) yang diselenggarakan oleh Prestasi Junior Indonesia yang didukung oleh AIG di Perpustakaan Nasional Jakarta. 

Mereka meraih tiga penghargaan yaitu The Best Student Company, The Most Innovative Product, dan The Best President Director.

Presiden Direktur NextEra, Christopher Tyrell Narendra, mengatakan, NextEra merupakan perusahaan yang berorientasi pada lingkungan dan kesehatan. 

Ide awal perusahaan ini didirikan karena mereka melihat penggunaan alas toilet sekali pakai masih belum umum di Indonesia. Padahal, penggunaannya memiliki dampak positif terhadap kesehatan dan lingkungan.

“Kami mengusung slogan ‘Bersih Hati tanpa Jejak di Bumi’. Ide awal NextEra didirikan adalah karena kami ingin mempromosikan gaya hidup yang sehat dan bersih melalui alas toilet sekali pakai,” ujarnya.

Christopher menjelaskan, dari sisi kesehatan alas toilet sekali pakai mengurangi risiko penularan penyakit menular karena tidak perlu berbagi tempat duduk toilet dengan orang lain. 

Selain itu, penggunaan pembersih toilet berbahan kimia yang berpotensi mencemari lingkungan juga akan ikut berkurang.

Sanitashield sendiri merupakan alas toilet yang ramah lingkungan karena bersifat water soluble alias larut dalam air. 

Produk inovatif ini dijual di Shopee dan Tokopedia dalam tiga varian yaitu Frangipangi, Cempaka dan Lemongrass.

“Saat ini kami sedang menjajaki potensi kerja sama dengan beberapa pihak yang diharapkan dapat mendukung penggunaan Sanitashield secara lebih luas,” imbuhnya.

NextEra selanjutnya akan mengikuti kompetisi tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada Juni 2024 mendatang.

Sebagai informasi, student company merupakan program kegiatan ekstrakurikuler yang memfasilitasi pengembangan keterampilan berwirausaha bagi pelajar SMA dan SMK melalui pengalaman langsung mengoperasikan sebuah usaha mikro secara mandiri di sekolah. 

Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis hingga melakukan produksi dan penjualan produk. (*)

(Banten)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *