Berita  

[Update] Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Ar-Raniry Raih Akreditasi Unggul

BANDA ACEH — Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 760/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/III/2024.

Prestasi ini menunjukkan komitmen prodi BSA dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada mahasiswa.

Dekan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh Syarifuddin PhD menyambut gembira pencapaian ini dan predikat akreditasi Unggul ini diakui sebagai komitmen untuk meningkatkan standar pendidikan, sesuai dengan target yang ditetapkan oleh UIN Ar-Raniry dan fakultas.

“Capaian ini merupakan komitmen pimpinan fakultas saat penandatanganan komitmen bersama dan pakta integritas bersama rektor beberapa waktu yang lalu dengan menargetkan 2 prodi di Fakultas Adab dan Humaniora terakreditasi Unggul,” ungkapnya, Ahad (31/3).

Menurutnya, predikat unggul bukan sekedar pengakuan atas upaya yang telah dilakukan, tetapi juga merupakan hasil dari komitmen yang berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran.

Pencapaian ini harus dijadikan sebagai motivasi untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas secara berkelanjutan.

“Alhamdulillah pada bulan penuh berkah ini, Prodi BSA telah berhasil meraih predikat akreditasi unggul. Ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi seluruh tim, serta dukungan semua pihak yang telah mendoakan dan mendukung kegiatan ISK ini,” kata Syarifuddin.

Wakil Dekan FAH, Nazaruddin MLIS PhD, menjelaskan prodi BSA meraih predikat tersebut melalui proses Instrumen Suplemen Konversi (ISK) pada tahun 2023.

Perolehan akreditasi Unggul ini diharapkan dapat diikuti oleh program studi lainnya, seperti Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI), yang saat ini masih dalam tahap penilaian.

“Sebenarnya tahun 2023 lalu FAH mengusulkan dua program studi untuk diakreditasi melalui ISK, yaitu prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) dan prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA). Namun saat ini baru prodi BSA yang telah keluar hasilnya. Sementara prodi SKI dalam tahap proses penilaian,” ujar Nazar.

Dalam kesempatan ini, Nazar sebagai ketua tim akreditasi FAH mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada tim ISK BSA dari tim pendamping dari Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), khususnya Prof Buhori Muslim MAg dan Nurullah STH MA yang telah memberi arahan dan mendampingi tim ISK dari awal sampai submit borang.

Ketua prodi BSA Sumardi MA menyatakan bahwa pencapaian ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi seluruh tim, pimpinan fakultas, dosen, tim Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), tenaga kependidikan, stakeholder, mahasiswa dan alumni.

Berdasarkan surat keputusan Dewan Eksekutif BAN-PT, program studi BSA dinilai Unggul dengan nilai 376, berlaku dari tanggal 13 Maret 2024 sampai dengan 5 Mei 2025.

“Alhamdulillah berdasarkan hasil asesmen usulan konversi prodi BSA terakreditasi Unggul,” pungkasnya. (Mamecoin.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *