Berita  

[Update] Presiden Jokowi Beri Apresiasi Daerah yang Melampaui Pertumbuhan Ekonomi Nasional – Mamecoin.id

Mamecoin.id.ID JAKARTA — Presiden RI Joko Widodo memberikan apresiasi kepada daerah yang pertumbuhan ekonominya yang melampaui pertumbuhan ekonomi diatas capaian nasional. Provinsi Sulawesi Barat menjadi salah satu daerah diapresiasi oleh Presiden Jokowi karena capaian pertumbuhannya 6,02 ℅

Hal itu disampaikan Presiden pada Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta Convention Center, Senin (06/05/2024).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, Perekonomian Sulawesi Barat tumbuh sebesar 6,02 persen YoY pada triwulan I 2024. Pertumbuhan Sulawesi Barat ini tercatat di atas pertumbuhan nasional dan merupakan urutan ke-5 pertumbuhan tertinggi di Indonesia.

Dari sisi lapangan usaha, sumber pertumbuhan tertinggi pada perekonomian Sulawesi Barat periode ini yaitu Sektor Pertanian dan Industri Pengolahan yang mampu tumbuh masing-masing sebesar 3,68 persen dan 13,65 persen.

Sedangkan dari sisi pengeluaran, komponen yang cukup berperan mendorong pertumbuhan ekonomi adalah komponen konsumsi rumah tangga dan PMTB yang juga masing-masing tumbuh sebesar 5,58 persen dan 6,55 persen.

Di antara komponen pengeluaran yang memberikan kinerja cukup baik adalah konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah. Konsumsi rumah tangga sangat dipengaruhi oleh pendapatan masyarakat yang meningkat dan inflasi yang terkendali.

Sedangkan konsumsi pemerintah, sangat dipengaruhi oleh realisasi APBN dan APBD yang memiliki kinerja cukup baik.

PJ Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengatakan dengan capaian pertumbuhan ekonomi ini, Sulbar tertinggi kelima secara nasional

“Kehadirin bapak Presiden Jokowi dalam pembukaan MusrembangNas, memberi apresiasi pada daerah yg pertumbuhan ekonomi yang melampaui pertumbuhan ekonomi di atas capaian nasional. Sulbar adalah provinsi dgn capaian pertubuhannya 6,02 % atau 5 besar nasional. Suatu capaian yanh fantastis pasca covid. Sulbar Maju Terus,” tutup Prof. Zudan.

(Mamecoin.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *