Berita  

[Update] Pj Gubernur Ajak Semua Pihak Ciptakan Pilkada Sumut Aman, Damai dan Sejuk

Mamecoin.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, mengajak semua pihak untuk turut menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Pj Gubernur Hassanudin pada Rapat Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut dengan KPU Kabupaten/Kota, yang diselenggarakan KPU Sumut di Ballroom Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention, Jalan Kapten Maulana Lubis, Nomor 7 Medan, Kamis (2/5/2024).

Untuk itu, kata Hassanudin, dalam pelaksanaanya diperlukan kerja sama semua pihak, mengingat Sumut memiliki luas wilayah mencapai 72.981,23 Km persegi, 25 Kabupaten, 8 Kota, 450 Kecamatan. 5.417 desa, serta 693 kelurahan dengan jumlah penduduk 15.401.094 jiwa.

“Sumut sebagai provinsi ke empat terbesar pemilihnya dengan masyarakat yang heterogen, kita berharap pelaksanaan Pilkada di Sumut menjadi barometer penyelenggaraan Pilkada di Indonesia, ” kata Hassanudin.


Hassanudin mengatakan pengalaman Pemilu serentak yakni pemilu calon presiden/wakil presiden, DPD, DPR dan anggota DPRD tingkat provinsi serta kabupaten/kota bisa menjadi acuan untuk kesuksesan Pilkada di Sumut.

“Saya apresiasi KPU Sumut atas keberhasilan Pemilu serentak kemarin dan saya percaya kerjasama antar KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota akan menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi tahapan Pilkada di Sumut. Kesuksesan kemarin modal dasar kita untuk melangkah lebih baik, namun kita harus tetap waspada dengan berbagai permasalahan,” katanya.

Dikatakannya, Provinsi Sumut dari sisi pendanaan untuk  Pilkada Sumut telah dialokasikan di dua  badan penyelenggara dan pendukung Pemilu, yakni KPU sebesar Rp705.953.943.895, telah direalisasikan Rp247.083.880.373 di tahun 2023, dan sisanya akan direalisasikan tahun 2024.

Untuk Bawaslu, telah dianggarkan sebesar Rp223.803.640.000, telah terealisasi Rp78.331.274.000 pada tahun 2023, dan sisanya akan direalisasikan tahun 2024.

Untuk Kabupaten/Kota juga telah ditandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk hibah pendanaan Pilkada 2024.

Pj Gubernur juga berpesan, pentingnya partisipasi politik semua warga negara, terutama dalam Pilkada.

Karena partisipasi aktif masyarakat adalah pondasi utama sistem demokrasi yang berjalan dengan keikutsertaan masyarakat didalamnya.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan, kesuksesan pada Pemilu kemarin bisa diterapkan untuk Pilkada Sumut. Namun, harus tetap waspda terkait berbagai persoalan yang timbul.

“Ambil pelajaran terkait risiko-resiko yang terjadi, terutama logistik Pemilu yang sampai tepat waktu di TPS,” katanya.

Ketua KPU Provinsi Sumut Agus Arifin mengatakan,  KPU Sumut dan KPU Kabupaten/Kota se-Sumut telah menyelesaikan Pemilu serentak.

Yakni Pemilihan Presiden/Wakil Presiden, DPD, DPR dan anggota DPRD tingkat provinsi, serta kabupaten/kota berjalan sukses, aman dan kondusif.

Hal ini dikatakannya, berkat dukungan dari semua pihak, baik Provinsi Sumut dan pihak pengamanan Polri dan TNI.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Pj Gubernur Sumut Hassanudin dan Bapak Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. Kita berharap dukungan yang diberikan menjadikan Pilkada di Sumut juga sukses, aman dan kondusif,” jelasnya. (*)

(Medan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *