Berita  

[Update] Pj Gubernur Aceh Raih Top Pembina BUMD Awards

Jakarta – Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah meraih penghargaan tingkat nasional berupa Top Pembina BUMD dalam ajang BUMD Awards 2024 yang digelar oleh Majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan sejumlah lembaga lainnya.

Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh Mawardi hadir mewakili Pj Gubernur untuk menerima langsung penghargaan tersebut, di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Mawardi mengatakan, penghargaan sebagai Top Pembina untuk Pj Gubernur Aceh sangat layak diraih sebab dua lembaga di bawah Pemerintah Aceh juga meraih penghargaan Top BUMD Awards.

Kedua lembaga tersebut adalah Bank BPRS Mustaqim yang berhasil meraih untuk kedua kalinya dan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh.

“Penghargaan ini diberikan secara objektif dan independen oleh Dewan Juri Top BUMD Awards 2024,” kata Mawardi.

Plt Direktur Utama Bank BPRS Mustaqim Aceh Raisul Mukhlis menjelaskan pihaknya berhasil meraih penghargaan Top BUMD Awards untuk kedua kalinya dengan predikat bintang empat.

“Bank Mustaqim Aceh dinilai memiliki peran besar dan penting dalam pembangunan ekonomi daerah, kolaborasi adalah bagian dari strategi Bank Mustaqim Aceh untuk memberikan kontribusi positif pada pengembangan bisnis, yang pada akhirnya akan membantu peningkatan kapasitas usaha Pelaku UMKM di Aceh,” kata Raisul.

Raisul mengungkapkan, portofolio pembiayaan Bank Mustaqim Aceh didominasi pembiayaan modal kerja pada real secktor yaitu UMKM dengan persentase 87% dan sisanya pembiayaan konsumtif sebesar 13%.

“Dengan penghargaan ini, tentu akan memberikan nilai tambah bagi kami untuk terus berinovasi dan mendorong kinerja Bank Mustaqim Aceh menjadi lebih baik dari waktu ke waktu,” ujar Raisul.

Direktur RSUDZA, dr Isra Firmansyah, mengaku pencapaian penghargaan yang diterima pihaknya tersebut tidak lepas dari ragam inovasi yang dijalankan RSUDZA dalam pelayanan kesehatan masyarakat dari tahun ke tahun.

“Dua inovasi pelayanan RSUDZA, yakni TAGTO dan PUTROE sukses mencuri perhatian dewan juri Top BUMD Awards,” kata dr Isra.

Inovasi TAGTO merupakan program layanan terapi ablasi gondok tanpa operasi. Layanan terapi ini memberi peluang untuk masyarakat (pasien) agar dapat sembuh dari penyakit gondok dengan meminimalisir rasa sakit dan efek samping yang rendah dengan pembiayaan oleh pemerintah melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Sedangkan inovasi PUTROE merupakan singkatan dari bahasa Aceh, yaitu Pajoh Ubat Tiep Uroe yang berarti minum obat setiap hari bagi penderita Tuberculosis (TBC) Resisten Obat berupa layanan khusus berbasis aplikasi WhatsApp.

Melalui inovasi tersebut dapat memantau pasien untuk meminum obat secara rutin tanpa harus datang ke rumah sakit dan tingkat kesembuhan hingga seratus persen.

Ajang Top BUMD Awards 2024 mengusung tema ‘Penguatan Tata Kelola Dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD’. Hal ini menjadi landasan bagi para pemenang untuk terus meningkatkan kualitas dan kontribusinya dalam pembangunan daerah. (Mamecoin.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *