Berita  

[Update] Pj Bupati Aceh Besar Turun ke Lokasi Krisis Air Bersih di Lhoknga

Mamecoin.id, LHOKNGA — Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto turun langsung meninjau lokasi krisis air akibat kekeringan yang terjadi di Lhoknga, Kamis (16/5/2024).

Iswanto memantau pendistribusian air bersih ke warga yang terdampak kekeringan di beberapa gampong dalam Kecamatan Lhoknga,

Bantuan ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Aceh Besar untuk mengatasi kekurangan air bersih di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto bersama dinas terkait juga memantau langsung kondisi warga di Mon Ikeun, Lamcok dan Naga Umbang yang kekurangan air bersih.

Iswanto mengatakan, dirinya turun ke lapangan merespon laporan dari beberapa warga Lhoknga, yang beberapa hari lalu terjadi kekeringan di 28 gampong di Kecamatan Lhoknga.

“Kita melalui PDAM Tirta Mountala dan dibantu teman teman dari TNI/Polri melakukan antisipasi awal dengan melakukan pendistribusian air bersih bagi warga yang terdampak kekeringan,” ujarnya.

“Hari ini saya turun langsung untuk melihat dan mendistribusikan langsung air bersih ke sejumlah wilayah terdampak, di antaranya Mon Ikeun, Lamcok dan Naga Umbang. Proses distribusi akan berlanjut besok dan beberapa hari ke depan ke gampong-gampong lain yang ada di Kecamatan Lhoknga, sesuai dengan hasil identifikasi lapangan terutama menyangkut tingkat ketersediaan air sumur warga,” tambahnya.

Iswanto juga mengatakan apa yang dialami oleh beberapa gampong di Kecamatan Lhoknga bukanlah kekeringan atau krisis air, menurutnya ini hanya kekurangan air bersih.

“Ini bukan krisis air, tadi saya sudah cek sumurnya baik di Mon Ikeun maupun di Lamcok, air sumurnya ada, namun permukaan mata airnya turun, sehingga pipa sanyo tidak sampai terhubung ke air. Jadi itu perlu dilakukan penggalian sumurnya, agar airnya lebih bersih dan lebih deras,” ucapnya.

Selain itu, terkait adanya pemberitaan mengenai keluhan warga menderita sakit kulit atau gatal-gatal akibat krisis air bersih yang berkepanjangan itu sudah kita pastikan langsung ke Dinas Kesehatan dan jajaran Forkopimcam bahwa itu tidak ada.

“Tapi kalau rutinitas ada yang sakit satu atau dua orang itu hal yang normatif,” imbuhnya.

Iswanto mengatakan, dirinya juga telah memerintahkan langsung Dinas Kesehatan dan Puskesmas untuk melayani masyarakat jika ada keluhan masalah kesehatan dan sebagainya, sebagai dampak dari kekurangan air tersebut.

Iswanto juga menambahkan hari ini Pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak kekurangan air bersih.

Menurutnya tidak hanya Pemerintah, PT SBA juga melakukan hal yang sama untuk membantu masyarakat yang kekurangan air bersih, dengan berkoordinasi intens bersama Camat, Keuchik dan para tokoh masyarakat.

“Kami berkomitmen terus membantu masyarakat yang terdampak kekurangan air bersih dan memastikan bantuan air bersih ini dapat menjangkau seluruh gampong yang membutuhkan, dan saya telah memerintahkan beberapa dinas terkait untuk selalu standby di lokasi kekurangan air bersih ini selama 24 jam penuh,” tegasnya.

Menurut Iswanto, pihaknya besok akan merespon dengan melakukan rapat koordinasi, menginput beberapa data dari mitra TNI/Polri, Camat dan akan menentukan sikap untuk menindaklanjuti terkait kekurangan air bersih ini.

“Insya Allah dari tadi hingga beberapa hari ke depan semoga Allah berikan rahmat dengan menurunkan hujan dan kita jangan lupa berikhtiar serta berdoa,” pintanya.

“Kepada masyarakat dan tokoh masyarakat kami berharap agar tetap kondusif dan tetap tenang, ada isu apapun kita cepat turun sekarang, kemudian tidak mendahului dari data-data yang ada dan tidak memberikan data informasi yang keliru,” harapnya.

Selain itu, salah satu warga Lamcok Yusrizal mengapresiasi bantuan air bersih dari Pemkab Aceh Besar.

“Mewakili masyarakat, kami berterima kasih karena Pemkab terus berkoordinasi intens dengan para Camat dan keuchik serta tokoh masyarakat untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, sehingga bantuan yang diberikan dapat sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya.

“Kami juga bersyukur usai dikunjungi dan dipantau langsung oleh Pak Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto ke gampong kami, hujan pun turun, Terimakasih Ya Allah,” ucapnya.

Senada dengan Yusrizal, Wahidon juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama Pj Bupati Aceh Besar, Satuan Brimob Polda Aceh, TNI, PDAM Tirta Mountala, Tirta Daroy dan BPBD Aceh Besar.

“Hanya bisa mengucapkan kepada seluruh pihak yang telah ikut membantu distribusi air bersih kepada kami dalam beberapa hari terakhir ini,” ungkapnya.

Hadir saat kunjungan Pj Bupati Aceh Besar ke Lhoknga, Kepala BPBD Aceh Besar, Forkopimcam Lhoknga, Dirut PDAM Tirta Mountala, Jajaran PT SBA, sejumlah tokoh masyarakat Lhoknga. (HASRUL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *