Berita  

[Update] Pj Bupati Aceh Besar Pantau Gudang Logistik Pemilu di Jantho

JANTHO — Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto bersama jajaran Forkopimda Aceh Besar, Selasa (9/1/2024) menjelang siang, melakukan pemantauan langsung kondisi logistik Pemilu (Pilpres dan Pileg) 2024 di Gudang Logistik Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar, Gedung Utama Jantho Sport City (JSC).

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengharapkan dukungan penuh dari Forkopimda, KIP, Panwaslu dan OPD terkait untuk suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 di Aceh Besar.

Sebagai bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif secara demokratis, aman. Dan memastikan setiap warga yang berhak untuk memilih agar memberikan hak suara mereka di TPS-TPS yang ada.

“Pemkab Aceh Besar bersama Forkopimda dan OPD terkait siap dan berkomitmen untuk menyukseskan pesta demokrasi nasional ini, karena ini juga menyangkut nasib bangsa di masa hadapan,” ujar Iswanto.

Pj Bupati Aceh Besar bersama Forkopimda juga ikut meninjau sarana dan prasarana di gudang logistik tersebut, meliputi kondisi kotak suara, surat suara, segel, serta perlengkapan terkait lainnya yang tersedia di lokasi tersebut.

Dalam kesempatan pemantauan peninjauan itu, Pj Bupati dan jajaran Forkopimda Aceh Besar serta para anggota rombongan lainnya, mendapatkan penjelasan secara tuntas terkait logistik Pemilu 2024 di Aceh Besar.

Penjelasan itu diberikan oleh Pelaksana Sekretaris KIP Aceh Besar. “Alhamdulillah, kami telah mendapatkan keadaan kondisi riil logistik Pemilu 2024 di Aceh Besar. Semuanya dalam kondisi on the track dan on schedule. Intinya, pelaksana telah menyiapkan segala sesuatu dalam format kebutuhan masing masing, dan siap menunggu hari H pelaksanaan,” tutur Iswanto.

Dari penjelasan secara rinci yang dilaporkan pihak sekretariat KIP Aceh Besar, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Aceh Besar 291.783 orang tersebar di 23 Kecamatan dalam wilayah Aceh Besar.

Selain itu, Daftar Calon Tetap (DCT) untuk DPRK Aceh Besar 645 orang, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 1.264 buah untuk formasi kursi DPRK 2024-2029 yang mncapai 40 buah kursi, dengan daerah pemilihan (Dapil) DPRK sebanyak enam Dapil.

Pj Bupati Aceh Besar bersama Forkopimda juga ikut meninjau sarana dan prasarana di gudang logistik tersebut, meliputi kondisi kotak suara, surat suara, segel, serta perlengkapan terkait lainnya yang tersedia di lokasi tersebut.

Lebih jauh dirincikan, secara umum, logistik itu juga terdiri 6.366 buah kotak suara. Adapun suarat suara untuk Pilpres sebanyak 298.198 lembar, DPR RI 298.198 lembar, DPD RI 298.198 lembar, DPRA 298.198 lembar, dan DPRK sebanyak 298.198 lembar.

Di samping itu, jumlah surat suara untuk pemungutan suara ulang terdiri dari pemilihan presiden sebanyak 1.000 lembar dan DPRK sebanyak 6.000 lembar. Petugas lipat surat suara yang dilibatkan mencapai sebanyak 150 orang. (Mamecoin.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *