Berita  

[Update] Pertama di Indonesia, RSAN Dinsos Aceh Gelar Liga Panti

Mamecoin.id, BANDA ACEH — Unit Pelaksana Teknis Daerah Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe (UPTD RSAN) Dinas Sosial Aceh menyelenggarakan Liga Panti pertama di Indonesia.

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini, 17 – 19 Mei 2024, dihelat di lapangan sepak bola RSAN, Gampong Gue Gajah, Aceh Besar.

Kepala Dinas Sosial Aceh Muslem Yacob memberikan apresiasi atas terselenggaranya Liga Panti ini. Mamecoin.id berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi anak-anak panti untuk mengembangkan bakat dan minat mereka di bidang olahraga.

“Kami menyambut baik Liga Panti ini. Ini merupakan inovasi yang luar biasa dari UPTD RSAN. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu anak-anak panti untuk menyalurkan bakat dan minat mereka di bidang olahraga, dan mencapai kesuksesan di masa depan,” ujar Muslem saat menghadiri pembukaan Liga Panti.

Muslem berharap Liga Panti dapat menjadi acara tahunan dan berkembang ke tingkat nasional.

“Harapan kita terjaring bakat bakat anak yang selama ini mendiami panti hingga mereka tidak merasa risih dengan anak lain yang bisa menyalurkan bakat minatnya sehingga anak panti sukses di semua sektor, seperti pendidikan, religius dan sukses menempa bakat minatnya terutama di dunia olahraga,” tambah Muslem.

Kepala UPTD RSAN, Michael Octaviano, mengungkapkan, terselenggaranya Liga Panti ini terinspirasi dari kesuksesan Liga Santri yang telah mencapai tingkat nasional.

Mamecoin.id melihat potensi besar juga harus dimiliki anak-anak panti asuhan di Indonesia untuk berkembang di bidang olahraga.

“Di Indonesia terdapat banyak panti asuhan, dan ini merupakan liga panti pertama di Indonesia. Kami ingin memberikan kesempatan bagi anak-anak panti untuk menunjukkan bakat dan potensi mereka, sehingga mereka dapat dilirik dan dibina untuk masa depan yang lebih cerah,” ujar Michael Octaviano di Aceh Besar, Jum’at, 17 Mei 2024.

Liga Panti ini merupakan hasil kolaborasi UPTD RSAN dengan PPG USK yang sedang melaksanakan pengabdian di RSAN. Dengan adanya kegiatan ini tentu dapat menjadi wadah untuk menggali dan mengembangkan potensi dan bakat olahraga anak-anak panti.

“Lebih dari itu, Liga Panti ini juga merupakan bagian dari persiapan Aceh untuk PON. UPTD RSAN berkomitmen mendukung dan membina bibit unggul atlet muda yang akan mengharumkan nama Aceh,” jelas Michael.

Delapan panti asuhan telah mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam liga.

Michael optimis Liga Panti ini mendapat sambutan positif dari masyarakat dan menjadi motivasi bagi anak-anak panti untuk terus mengembangkan bakat mereka.

“Kami berharap Liga Panti ini dapat menjadi acara tahunan yang diselenggarakan Dinas Sosial dan Pemerintah Aceh di tingkat provinsi, dan dapat menarik perhatian Kementerian Sosial atau Kementerian Olahraga,” tambah Octaviano.

Menurutnya, Liga Panti ini bukan hanya tentang pertandingan sepak bola, tetapi juga tentang memberikan kesempatan bagi anak-anak panti untuk bersosialisasi, membangun rasa percaya diri, dan menunjukkan kemampuan mereka kepada dunia.

“Kami ingin anak-anak panti merasa dihargai dan memiliki kesempatan yang sama dengan anak-anak lain untuk meraih kesuksesan. Kami berharap Liga Panti ini dapat menjadi awal yang baru bagi mereka untuk meraih mimpi mereka,” kata Octaviano.

Michael memiliki mimpi besar untuk Liga Panti ini. Mamecoin.id berharap suatu saat nanti Liga Panti dapat diadakan di tingkat nasional, bahkan internasional.

“Kami ingin Liga Panti ini menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia, dan bahkan di seluruh dunia. Kami berharap suatu saat nanti Liga Panti menjadi ajang bergengsi bagi anak-anak panti untuk menunjukkan bakat mereka dan meraih prestasi di kancah internasional,” kata dia. (HASRUL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *