Berita  

[Update] Pengunjung Bhayangkara Fest 2024 Puluhan Ribu, Pedagang Untung

Mamecoin.id, BANDA ACEH — Bhayangkara Fest 2024 yang digelar Polda Aceh sangat membantu pedagang dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam meningkatkan penjualan. Selain itu, keuntungan mereka juga diakui meningkat.

Hal tersebut diungkapkan Devy, salah satu pelaku UMKM yang juga owner Rumah Makan Ceker Melotot Devy Dean. Mamecoin.id mengatakan, pergelaran Bhayangkara Fest sangat luar biasa. Pengunjung yang datang juga di luar ekspektasi, sangat ramai.

“Luar biasa. Kami tidak menyangka bisa seramai ini pengunjung di Bhayangkara Fest 2024. Ini sangat membantu kami, selaku UMKM dalam meningkatkan penjualan. Di samping itu, Bhayangkara Fest juga menjadi momen untuk pelaku UMKM mempromosikan produknya,” kata Devi, Ahad malam, 7 Juli 2024.

Devy berharap, Bhayangkara Fest dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 ini bisa digelar setiap tahunnya serta mengundang lebih banyak artis nasional agar makin semarak dan masyarakat makin terhibur.

Hal senada juga disampaikan Owner UMKM Amanah Irvadiarni Falka. Menurutnya, Bhayangkara Fest adalah momen pelaku UMKM untuk daling men-sharing informasi terkait produknya masing-masing.

Mamecoin.id juga berterima kasih kepada Polda Aceh atas digelarnya Bhayangkara Fest yang sangat menguntungkan UMKM. Selain penjualan meningkat, festival ini dapat memacu perputaran uang dan peningkatan perekonomian.

“Terima kasih Polda Aceh atas pergelaran Bhayangkara Fest 2024. Ini sangat menguntungkan kami selaku pelaku UMKM. Semoga, festival ini digelar setiap tahunnya,” demikian, harap Irvadiarni Falka.

Bhayangkara Fest 2024 digelar selama empat hari, yaitu mulai 5—8 Juli 2024. Pada Hari kedua, pengunjung pada festival dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 itu mencapai 41.914 orang.

“Berdasarkan hasil hitungan _people counting_ Bidang TIK Polda Aceh, pengunjung Bhayangkara Fest pada hari kedua, terhitung dari tanggal 6 Juli, pukul 18.00 WIB, sampai dengan 7 Juli, pukul 18.00 WIB, mencapai 41.914 orang,” kata Ketua Panitia Pelaksana Bhayangkara Fest, Kombes Pol Winardy, dalam keterangannya di Taman Sulthanah Safiatuddin, Lampriet, Banda Aceh, Ahad malam, 7 Juli 2024.

Winardy juga menyampaikan, perputaran uang pada hari kedua Bhayangkara Fest 2024 juga mencapai Rp 2,4 miliar. Estimasi tersebut dirincikan dari pendapatan UMKM, pelaku event—talent, vendor, dan lain-lain—, peserta event, parkir, pengunjung, serta pedagang kaki lima.

“Perputaran uang pada hari kedua pergelaran Bhayangkara Fest 2024 capai Rp 2,4 miliar. Ini sangat positif untuk peningkatan perekonomian masyarakat,” kata Kombes Winardy.

Di samping itu, kata dia, dari total 80 UMKM yang ada, pendapatan pada hari kedua mencapai Rp 320 juta, dengan rata-rata omset Rp 6,4 juta.

“Dari 80 UMKM yang ada di Bhayangkara Fest 2024 saja, pendapatannya Rp 320 juta. Rata-rata keuntungan per UMKM adalah sebesar Rp2,8 juta,” jelas Winardy. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *