Berita  

[Update] Peluncuran Tahapan Pilkada 2024, Partisipasi Masyarakat Jadi Perhatian Pj Gubernur Sumut Berita Terkini Medan Sumut

Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Imam Syahputra

Hassanudin menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut di Ballroom Hotel Santika Premiere Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Jumat (3/5/2024).

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin berharap partisipasi masyarakat meningkat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Partisipasi masyarakat, menurutnya, merupakan salah satu simbol kualitas demokrasi daerah.

Pada pemilihan presiden, wakil presiden dan legislatif bulan Februari lalu partisipasi masyarakat Sumut cukup tinggi, 75,08%. Hassanudin berharap angka tersebut semakin meningkat pada Pilkada serentak 27 September mendatang.

“Target kita partisipasi masyarakat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, semakin tinggi partisipasi masyarakat semakin tinggi pula kualitas demokrasi dan kita mendapatkan pemimpin yang memiliki legitimasi kuat,” kata Hassanudin, usai acara Peluncuran Tahapan Pilkada Sumut 2024 Hotel di Santika Premiere Dyandra, Medan, Jumat (3/5).

Hassanudin mengajak semua pihak memperkuat komitmen dan menyamakan persepsi dalam menyukseskan pesta demokrasi September nanti. Stakeholder perlu memberikan dukungan penuh kepada penyelenggara Pilkada, sehingga Pilkada serentak di Sumut tetap aman dan kondusif.

“Sumut memiliki keberagaman yang luar biasa, bukan hanya suku budaya tetapi juga organisasi masyarakat, kita harus memberikan dukungan penuh agar terwujud Pilkada yang aman dan kondusif,” kata Hassanudin.

Menurut Hassanudin, Pilkada dengan kualitas yang baik akan menghasilkan pemimpin mumpuni. Dengan begitu, diharapkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Sumut bisa lebih cepat terwujud.

“Kita mengharapkan pemimpin yang lahir dari Pilkada yang berkualitas untuk membawa Sumut ke arah yang lebih baik, meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dan lebih maju,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Ketua KPU Sumut Agus Arifin meminta kepada KPU di 33 kabupaten/kota untuk bekerja sesuai dengan ketentuan yang ada. Sehingga potensi kerawanan konflik horizontal bisa diminimalisir saat Pilkada nanti.

“Kita berharap tidak terjadi konflik horizontal selama Pilkada, Sumut sangat multi etnis, ini harus kita jaga bersama. Pada rekan-rekan KPU di daerah bekerjalah berpedoman pada ketentuan yang ada, jujur adil dan berintegritas,” kata Agus Arifin.

Hadir pada peluncuran tahapan Pilkada serentak Sumut 2024 Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi serta unsur Forkopimda lainnya dan mantan gubernur serta wakil gubernur Sumut. Hadir juga bupati/walikota se-Sumut, KPU kabupaten/kota se-Sumut, pimpinan partai, tokoh masyarakat, mahasiswa dan pelajar.

Editor: Mamecoin.id

T#g:Pilkada 2024Pilkada SumutPilkada serentak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *