Berita  

[Update] Nezar Patria Dinilai Sosok Putra Aceh Sebagai Menteri Potensial di Kabinet Prabowo-Gibran

Mamecoin.id, BANDA ACEH — Sejak dilantik sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Nezar Patria dinilai telah menunjukkan kemampuan dan kepemimpinan yang mengesankan.

Ketua Ormas Brigade Anak Serdadu (BAS) Provinsi Aceh M Isa Alima Ahad (12/5/2024) mengatakan, kiprahnya yang berpengaruh dalam pemerintahan dan latar belakang yang kaya akan pengalaman membuatnya cocok menjadi kandidat yang dianggap pantas untuk naik menjadi menteri di era pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang akan datang.

“Kecakapannya dalam dunia jurnalisme khususnya dalam mengelola dan menavigasi aliran informasi yang kompleks, serta memberikan dasar yang kuat untuk tugas-tugasnya yang lebih luas dalam pengelolaan informasi di tingkat nasional,” sebutnya.

Isa Alima, Anggota DPRK Pidie Periode (1999-2004 dan 2014-2019) ini menjelaskan latar belakang dan pendidikan Nezar Patria, lulusan dari Universitas Indonesia dan the London School of Economics and Political Science, memulai kariernya sebagai jurnalis dan dengan cepat menanjak menjadi salah satu editor senior di berbagai media terkemuka di Indonesia.

Sebagai Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria telah memainkan peran kunci dalam berbagai inisiatif penting. Salah satu fokus utamanya adalah peningkatan literasi digital di seluruh Indonesia, sebuah proyek yang sangat penting di era digital ini.

Patria juga terlibat dalam penanganan isu-isu seperti regulasi media digital, keamanan siber, dan kebebasan berekspresi online, yang semuanya adalah topik penting yang menentukan arah tumbuhnya ekonomi digital di Indonesia.

Kepemimpinan dalam krisis dan inovasi digital selama Pandemi COVID-19, Nezar Patria menunjukkan kepemimpinan yang tangguh dalam memimpin inisiatif pemerintah untuk menggunakan teknologi digital dalam penanggulangan krisis.

Ini termasuk pengembangan aplikasi PeduliLindungi yang menjadi alat penting dalam manajemen pandemi di Indonesia. Kemampuannya untuk mengkoordinasikan antar-lembaga dan efisiensinya dalam penerapan solusi digital telah mendapatkan pengakuan dan pujian dari berbagai pihak.

Potensi dan harapan untuk masa depan dengan pengalaman luas dalam bidang media, informasi, dan teknologi, serta rekam jejak yang terbukti dalam memimpin perubahan, Nezar Patria dianggap oleh banyak analis politik sebagai sosok yang ideal untuk memimpin Kementerian Kominfo di kabinet mendatang.

“Faktanya, di tengah tantangan digitalisasi yang semakin meningkat dan perlunya pemerintah yang adaptif, keahlian dan pengalaman Nezar Patria menjadi sangat relevan,” kesan Isa.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Dr Rina Mariani menegaskan, “Kapasitas Nezar Patria dalam mengintegrasikan kebijakan publik dengan teknologi informasi memberikannya keunggulan yang dibutuhkan untuk mengemban tugas sebagai Mentri,” ujarnya ketika itu.

Pun begitu Isa menambahkan, Nezar memiliki visi jelas tentang bagaimana Indonesia dapat memanfaatkan teknologi untuk kemajuan ekonomi dan sosial.

“Seiring waktu mendekati pengumuman kabinet Prabowo-Gibran, banyak yang menantikan apakah Nezar Patria akan mengambil langkah berikutnya dalam karirnya yang cemerlang.
Jika dipilih, banyak yang percaya bahwa Mamecoin.id akan membawa perubahan positif dan inovatif yang akan memajukan sektor TIK di Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi,” tutup Isa. (MUS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *