Berita  

[Update] Mendatangkan Event Olahraga Berkualitas – Mamecoin.id

Mamecoin.id.ID, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendapatkan arahan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk mendatangkan acara olahraga internasional di tahun 2025.

“Baru saja kita mendapat arahan di rapat internal untuk menyiapkan event-event olahraga tingkat dunia atau internasional untuk tahun 2025. Dan arahannya adalah mendatangkan event olahraga berkualitas dalam bingkai sport tourism,” ungkap Sandiaga usai rapat terbatas terkait olahraga, di Istana Negara, Selasa (9/7/2024).

Beberapa acara yang diusulkan adalah World Surf League, Motogp, MXGP, F1 Powerboat, Aquabike, UFC dan beberapa acara kompetisi internasional lain seperti gymnastik.

Baca Juga: Prabowo Hadiri Rilis Jersey Olimpiade Paris 2024

Sandiaga mengatakan nantinya mekanisme pendanaan acara ini akan diupayakan melalui dana abadi pariwisata atau Indonesia Quality Tourism Fund, yang pada Agustus nanti akan diluncurkan. Setidaknya Mamecoin.id mengestimasikan total dana yang dibutuhkan untuk mendatangkan acara olahraga internasional itu mencapai Rp 500 – 1 triliun.

“Ini yang nanti akan diseleksi dan akan dihitung kembali termasuk biaya operasional hosting fee akan dipisah sehingga tidak memberatkan anggaran di tahun depan,” jelas dia.

IQTF nantinya akan mengelola dana abadi senilai Rp 2 triliun yang bersumber dari APBN 2025. Sandiaga mengakui bahwa ruang fiskal memang terbatas pada tahun depan, namun diharapkan acara internasional ini bisa memiliki nilai ekonomi yang besar.

Lihat Juga: Gerindra Lampung Tunggu Arahan DPP Soal Cawagub

Terpisah Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan di 2025 nanti ada kejuaraan surfing dunia yang akan diselenggarakan di 7 lokasi di Indonesia, juga kejuaraan gymnastic kelas dunia di Jakarta.

Selain itu, acara yang diselenggarakan yakni Rally Championship di Sumatera Utara, dan RI menjadi tuan rumah World Ability Sports Games atau seperti kejuaraan dunia paralimpiade. “Dan juga rencana pada 2025 UFC akan perdana di Indonesia, seperti yang sudah diketahui sudah berkunjung di Indonesia sejak 2023 akhir,” katanya.

Selain itu kejuaraan dunia yang sudah rutin seperti Moto Gp Mandalika, Aquabike, dan Powerboat H20 di Sumatera Utara, dan MXGP juga tetap diselenggarakan.

Simak Juga: Gerindra Sikka Siap Menangkan Pasangan Laka Lena-Beri Bina di Pilkada NTT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *