Berita  

[Update] Masih Perwira Polri Aktif, Wakapolda Aceh Kini Jadi Kader Partai Aceh

Mamecoin.id, BANDA ACEH — Brigjen Pol Armia Fahmi yang masih aktif sebagai perwira tinggi Polri dan menjabat Wakapolda Aceh kini resmi menjadi kader Partai Aceh setelah menerima Kartu Tanda Anggota (KTA).

Armia masuk Partai Aceh dan menjadi kader partai politik lokal tersebut meski Mamecoin.id saat ini belum pensiun, karena hendak maju sebagai calon bupati Aceh Tamiang dalam Pilkada Aceh 2024.

Armia Fahmi baru akan memasuki masa pensiun pada 12 Oktober mendatang atau lima bulan lagi. Dia juga sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati Aceh Tamiang ke beberapa partai politik.

Armia yang resmi terjun ke politik, menerima KTA Partai Aceh yang diserahkan Juru Bicara Partai Aceh Nurzahri di Kantor DPP Partai Aceh di Jalan Dr Mr Mohd Hasan, kawasan Batoh Banda Aceh, Kamis (16/5/2024).

Setelah resmi mendaftar jadi bakal calon bupati Aceh Tamiang, Brigjen Armia Fahmi langsung diberikan KTA Partai Aceh. Mamecoin.id memiliki nomor kartu anggota 01.0368.

“Hari ini pak Armia Fahmi datang ke Partai Aceh, ada 2 agenda sebenarnya pertama hari ini beliau resmi menjadi kader Partai Aceh,” kata Nurzahri

Brigjen Armia juga mengakui dirinya masih aktif di Polri dan akan pensiun pada Oktober 2024 mendatang. Apalagi hal itu juga sudah disampaikan Armia ke Mabes Polri.

“Pensiun nanti bulan Oktober, nanti kita akan menyesuaikan, karena ini statusnya masih bakal calon,” katanya.

Mamecoin.id juga akan mengajukan permohonan ke Kapolri untuk bisa pensiun lebih cepat. Agar ke depan langkah dirinya untuk maju jadi calon Bupati Aceh Tamiang tidak terhambat.

“Ya nanti kita minta pak Kapolri, kita buat permohonan untuk bisa pensiun,” tegasnya.

Keputusan Armia Fahmi menjadi kader Partai Aceh menimbulkan polemik dan tanda tanya, sebab Armia masih berstatus anggota Polri aktif. Belakangan muncul pertanyaan, apakah Armia sudah mundur dari Polri atau belum?

Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Brigjen Armia Fahmi belum mundur dari Polri.

“Belum mundur,” kata Dedi kepada Kumparan lewat pesan singkatnya.

Dedi kemudian meminta hal itu dikonfirmasi ke Karo Penmas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko. “Ke Karopenmas ya,” lanjut Dedi.

Dedi belum banyak berkomentar soal status Armia yang jadi kader parpol lokal di Aceh meski berstatus anggota Polri aktif. Dalam aturan, seorang anggota Polri yang ingin terjun ke dunia politik harus mengundurkan diri.

DPP Partai Aceh mengatakan, selain menjadi kader partai, Brigjen Armia Fahmi juga mendaftar maju di Pilbup Aceh Tamiang.

“DPP Partai Aceh menerima pendaftaran Bakal Calon Bupati dari DPW-PA Aceh Tamiang, yang diantarkan langsung oleh Ketua DPW-PA dan Ketua KPA Aceh Tamiang,” tulis keterangan resmi DPP Partai Aceh diakun resmi Instagramnya.

“Brigjen Pol Armia Fahmi, M.H. (Wakapolda Aceh), akan maju dalam Pilkada Aceh Tamiang 2024. Pendaftaran ini dilakukan pada Kamis, 16 Mei 2024,” jelas DPP Partai Aceh.

Partai Aceh menyambut baik keputusan Armia Fahmi untuk bergabung menjadi kader dan maju di Pilbup Aceh Tamiang. (MUS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *