Berita  

[Update] LPS Buka Kantor Cabang di Medan, Pj Gubernur Harap Bisa Beri Jaminan Simpanan Nasabah

Mamecoin.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin meresmikan Kantor Perwakilan  Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) I Medan, di Gedung Sinar Land Plaza Medan, Jalan Diponegoro Nomor 18 Medan, Jumat (3/5/2024).

Pj Gubernur Hassanudin menyambut baik kehadiran LPS di Sumut, dalam upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan nasional, dengan fungsinya sebagai otoritas penjamin simpanan.

“Kita berharap kehadiran LPS bisa memberikan jaminan simpanan nasabah, khususnya masyarakat Sumut. Sekecil apapun itu perlu jaminan,” kata Pj Gubernur.

Pj Gubernur juga menyampaikan, pertumbuhan ekonomi di Sumut pada tahun 2024 diproyeksikan masih tinggi, yakni 4,5% sampai 5,3%.

Ini menjadikan Sumut salah satu penyumbang terbesar pertumbuhan perekonomian di Pulau Sumatera.

Pertumbuhan ini akan terus terjaga, dengan adanya kepastian akan keamanan simpanan masyarakat dan kestabilan dunia perbankan.

“Terima kasih memilih Kota Medan sebagai Kantor Perwakilan LPS.  Saya sangat apresiasi, semoga bisa memperkuat perbankan di Sumut dan  bermanfaat baik bagi warga masyarakat Sumut,” katanya.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, mengatakan pemilihan Kota Medan sebagai salah satu lokasi Kantor Perwakilan LPS atas pertimbangan, karena Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia, dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan transaksi bisnis yang tinggi.

Selain itu, Provinsi Sumut merupakan salah satu pusat ekonomi di Indonesia. Hal ini terlihat dari porsi Produk Domestik Bruto Regional (PDRB) Sumut terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sepanjang tahun 2023 sebesar 4,89%, dan pertumbuhan ekonomi Sumut di tahun yang sama mencapai 5,01% yoy.

Sementara dari sisi Dana Pihak Ketiga (DPK)  per Februari 2024 di perbankan Sumut mencapai Rp319,9 triliun atau setara dengan 3,91% terhadap DPK Nasional.

Purbaya Yudhi berharap, kehadiran LPS di Medan agar lebih dekat dan dikenal masyarakat dalam meningkatkan kepercayaan terhadap perbankan nasional, serta mengedukasi masyarakat akan terjaminnya simpanan mereka, sehingga stabilitas sistem keuangan di wilayah Sumatera terjaga dengan baik.

“Kehadiran LPS di Medan melengkapi  Komite Stabilitas Sistem Keuangan di Sumut, yang beranggotakan Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan LPS,” jelasnya.

Turut hadir anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Wakil Ketua Dewan Komisioner LPS Lana Soelistianingsih, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut IGP Wira Kusuma, Kepala Perwakilan BPK Sumut Eydu Oktain Panjaitan, Wakapolda Sumut Rony Santana dan para pimpinan bank di Sumut. (*)


(Medan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *