Berita  

[Update] Lewat Sidang Paripurna, Pj. Bupati Heri Sampaikan Nota Ranperda RPJPD 2025-2045 dan Pertanggungjawaban APBD 2023 Berita Terkini Medan Sumut

Melalui sidang paripurna DPRD Batu Bara, Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Heri Wahyudi Marpaung S.STP, M.AP menyampaikan Nota Ranperda Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 serta Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2023. 

Kedua Ranperda tersebut disampaikan Pj. Bupati Heri pada rapat sidang paripurna DPRD Batu Bara yang dipimpin Ketua DPRD Batu Bara Syafi’i, dan dihadiri Wakil Ketua dan para Anggota DPRD Batu Bara, serta anggota Forkopimda Batu Bara, Sekda Batu Bara, serta para Staf Ahli, Asisten, Kadis, Kaban, Kakan, Kabag, Camat se-Kabupaten Batu Bara, Jumat (21/06/2024). 

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati Heri menyampaikan dalam teks pidatonya secara terperinci soal pendapatan, belanja, silpa dan kas daerah Pemkab Batu Bara tahun 2023.

Dalam hal ihwal itu, pada pos pendapatan, dipaparkan diperoleh dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp. 149,917 miliar dari target Rp. 169,185 miliar. 

Kemudian dari pendapatan transfer sebesar Rp. 1,115 triliun dari target Rp. 1,118 triliun dan pendapatan dari hibah Pemprovsu sebesar Rp. 7,650 miliar. 

Sementara belanja daerah tahun 2023 sebesar Rp.1,305 triliun atau 91,02% dari target sebesar Rp. 1,433 triliun.

Sedangkan silpa pada tahun 2023 sebesar lebih kurang Rp.14,826 miliar. 

Saat menyampaikan Ranperda RPJPD, Pj. Bupati Heri mengatakan daerah sesuai kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional.

“Perencanaan pembangunan daerah harus selaras dengan rencana pembangunan jangka panjang nasional yang mengedepankan upaya-upaya transformatif dengan semangat kolektif dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder yang ada,” jelasnya. 

Sejalan dengan itu, Heri menjelaskan Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah melaksanakan tahapan penyusunan RPJPD tahun 2025-2045 yang dimulai dari persiapan penyusunan RPJPD,  penyusunan rancangan awal, pelaksanaan forum konsultasi publik rancangan awal. 

Kemudian pelaksanaan konsultasi rancangan awal dengan pemerintah Provinsi Sumatera Utara, penyusunan rancangan RPJPD, musrenbang RPJPD, dan perumusan rancangan akhir RPJPD. 

“Dan saat ini dalam proses penyampaian rancangan Peraturan Daerah RPJPD untuk dilakukan pembahasan dan mendapat persetujuan bersama agar dapat dilanjutkan ke proses tahapan berikutnya sehingga bisa ditetapkan menjadi Peraturan Daerah,” ucap Pj. Bupati Heri. 

Heri berharap dalam pembahasan Ranperda RPJPD ini mendapat saran dan masukan yang produktif, terintegratif dan inovatif sehingga dokumen perencanaan pembangunan ini mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara baik. 

Editor: Ade

T#g:Pj Bupati Batu BaraRanperda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *