Berita  

[Update] KPU Sampaikan Syarat Dukungan Jalur Perseorangan Pilkada Tapteng 2024 Berita Terkini Medan Sumut

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapanuli Tengah (KPU Tapteng) membuka pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati untuk jalur perseorangan.

Hal ini di sampaikan Koordinator Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Tapteng, Helman Tambunan pada sosialisasi tahapan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, serta persiapan penyerahan dukungan pencalonan perseorangan bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan serentak Tahun 2024.

“Pendaftaran kita buka sejak hari Minggu, 8 Mei hingga 12 Mei mendatang,” ucapnya di Rumah Pintar Pemilu KPU Tapteng, Selasa (7/5/2024).

Menurut mantan Wartawan ini, kandidat yang ingin maju melalui jalur perseorangan wajib mengumpulkan dukungan KTP dengan minimal 8,5 persen dari Daftar Pemilihan Tetap (DPT) di Tapteng.

“21.724 KTP dukungan tersebut mengacu pada jumlah DPT Kabupaten Tapanuli Tengah pada pemilu legislatif lalu yang berjumlah 255 570. Syarat dukungan 8,5 persen dari jumlah DPT atau syarat dukungan tersebar sedikitnya di 11 Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah,” sebutnya.

Lanjut Komisioner KPU Kabupaten Tapanuli Tengah itu, untuk menverifikasi syarat dukungan yang diserahkan, pihak KPU nantinya akan melakukan verifikasi melalui sistem informasi pencalonan atau SILON.

Sambung Helman Tambunan, ini dikarenakan KPU Kabupaten Tapanuli Tengah pada Pilkada serentak Tahun 2024, tidak lagi melakukan verifikasi bukti fisik KTP. Dan jika setelah dilakukan verifikasi syarat dukungan ternyata dinyatakan kurang atau tidak memenuhi syarat, maka calon yang maju lewat jalur perseorangan tersebut diminta untuk melakukan perbaikannya.

“Dalam memverifikasi syarat dukungan jalur perseorangan, KPU Tapanuli Tengah nantinya akan melibatkan petugas PPK dan PPS,” ungkap Komisioner KPU Tapteng.

Berikut Alur Tahapan Calon Perseorangan yang dipaparkan Koordinator Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Tapteng.

“Pada tanggal 8 Mei 2024 sampai tanggal 12 Mei 2024 penyerahan dukungan syarat calon. Di tanggal 13 Mei 2024 sampai tanggal 29 Mei 2024 verifikasi dukungan syarat calon. Pada tanggal 27 Mei 2024 sampai dengan tanggal 29 Mei 2024 rekapitulasi hasil verifikasi administrasi pasangan calon. Dan di tanggal 5 Mei sampai 30 Mei 2024 dilanjutkan tanggal 3 Juni 2024 penyampaian hasil rekapitulasi,” ujar Helman.

“Pada tanggal 24 Juni 2024 sampai tanggal 30 Juni 2024 rekapitulasi hasil verifikasi faktual kesatu di tingkat KPU Kota/ Kabupaten dan rekapitulasi hasil verifikasi faktual kesatu di tingkat kecamatan pada tanggal 17 Juni 2024 sampai tanggal 23 Juni 2024. Dan tanggal 1 Juli 2024 sampai tanggal 7 Juli 2024 perbaikan dan penyerahan, perbaikan dokumen syarat dukungan dan pasangan calon perseorangan. Pada tanggal 8 Juli 2024 sampai dengan tanggal 20 Juli 2024 verifikasi administrasi perbaikan dokumen syarat dukungan. Dan di tanggal 8 Agustus hingga 19 Agustus penetapan pemenuhan syarat dukungan,” jelas Helman Tambunan.

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Tapanuli Tengah, Wahid Pasaribu menghimbau kepada seluruh stakeholder untuk menjaga keharmonisan menjelang Pemilihan Serentak 2024.

“Kami sebagai teknis pelaksana demokrasi menghimbau dan berharap kepada masyarakat, forkpimda, peserta calon, mari kita bersatu untuk mensuskseskan pemilu serentak ini sehingga dapat melahirkan pemimpin di Tapanuli Tengah,” himbunya.

Sosialisasi ini turut dihadiri oleh perwakilan Korem 0211/KS, Denpom 1/2 Sibolga, Kodim 0211/TT, Sat-Radar 234/ Sibolga, Lanal Sibolga, Polres Tapteng, Bawaslu Tapteng dan Kaban Kesbangpol Pemkab Tapteng serta perwakilan Partai Politik.

Editor: Arman Junedy

T#g:PerseoranganPilkada Tapteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *