Berita  

[Update] KPU Batu Bara Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 Berita Terkini Medan Sumut

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batu Bara mengelar simulasi Pemungutan dan Penghitungan suara serta pengguna Sirekap dalam rangka persiapan pemilu serentak tahun 2024. Acara ini digelar pada Rabu (24/01/2024) di Aula Serba Guna PT. Perkebunan Socfindo Tanah Gambus, Limapuluh, Batu Bara 

Ketua KPU Batu Bara, Erwin, SE, dalam sambutannya mengatakan bahwa simulasi dan pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Aplikasi Sirekap merupakan simulasi kedua. 

Kegiatan tersebut berguna untuk memberikan gambaran bahwa kegiatan pelaksanaan Pemilu 2024 yang berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 seperti sosialiasi saat inilah riilnya.

“Menurut Erwin, pelaksanaan simulasi saat itu dengan melibatkan para pemilih riil di TPS setempat. Tentunya, berguna pada semua pihak bisa melihat dan menterjemahkan pada bawahannya bagaimana proses pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara Pemilu 2024,” sebutnya

Lebih lanjut tegas Erwin, pada prinsipnya, KPU Batu Bara berkomitmen dan bekerja dalam proses untuk melaksanakan tahapan Pemilu sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku

Dia juga singgung soal issu-issu Hoaks yang beredar di Batu Bara belakangan ini yang menimpa Forkopimda Batu Bara. Menurutnya, issu-issu hoaks itu dinilai menjadi komsumsi pihak pihak yang tidak kepingin Pemilu berjalan dengan baik, sindirnya.

Tetapi, yakin dan percaya bahwa sepanjang kita bekerja sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku, Insya Allah, proses pelaksanaan Pemilu 2024 di Batu Bara berjalan dengan lancar, harapnya. 

Dia juga tekankan pada PPK dan PPS melalui bintek tersebut agar bekerja dengan sesuai regulasi, bekerja dengan hati, bekerja tanpa paksaan. Karena dengan hati yang baik dan semangat, semua tahapan Pemilu dapat terlaksana dengan lancar, sebutnya sembari mengajak pada masyarakat Batu Bara untuk datang ke TPS pada tanggal 14 Februari 2024 untuk mengunakan hak pilihnya pada Pemilu.

Pada tanggal 24 Januari 2024, akan melakukan penetapan anggota KPPS, Begitujuga tanggal 25 melakukan pelantikan serentak sebanyak 10122 anggota KPPS se- Kabupaten Batu Bara 

“Ini menjadi gerakan besar, dan dilantik secara simultan, (25/1) besok Pukul 09.00 Pagi, KPU meminta pada semua jajarannya untuk menanam pohon,” sambugnya. 

Menurut Erwin, kegiatan penanaman pohon yang dilakukan jajaran KPU mengartikan, bahwa pelaksanaan pemilu 2024 berjalan secara damai. 

Ada 11 ribu lebih pohon akan ditanam. Ini menunjukkan bukti, bahwa KPU akan bekerja dengan kesinambungan, penuh dengan hati, sehingga dalam proses pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan damai dan aman seperti yang kita harapkan. 

“Biarlah, pesta demokrasi berjalan sebagaimana mestinya, tanpa hasutan dan tanpa gerakan yang berlebih,” imbuhnya.

Saat memulai simulasi teknis di TPS 6 Dusun 6 Desa Perkebunan Tanah Gambus, Komisioner KPU Batu Bara Bidang Teknis, Sulianto memperkenalkan, para Komisioner KPU Batu Bara yang baru masing-masing. Ketua KPU Batu Bara Erwin, Anggota Abdilah, Burhan, Sulianto, Tri Faith Gushendipo Manalu. 

Sosialisasi simulasi tersebut berlangsung lancar di Dusun VI TPS No 06 Desa Perkebunan Tanah Gambus, mengundang pemilih 90 warga setempat sesuai DPT riilnya dan diketuai KPPS 06 Eni AD Hutagaol.

Tampak hadir saat itu, Pj. Bupati Batu Bara diwakili Kesbang Pol Batu Bara Azwar SP, Kejari Batu Bara diwakili, unsur Polres Batu Bara, Kapolsek Limapuluh, AKP. Simamora, Kapolsek Indrapura AKP. Jonni Damanik, Kapolsek Labuhan Ruku AKP. Riswanto, serta 

Kadiskomimfo Edwin, Pengurus PT. Perkebunan Tanah Gambus.

Editor: Ade


T#g:KPU Batu BaraSimulasi pemungutan suara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *