Berita  

[Update] Kerja Keras Bupati Sugeng Ukir Sejarah, Lebih 2 Milliar Dikucurkan Untuk Rakyat Tapteng Berita Terkini Medan Sumut

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi rumah masyarakat yang kurang mampu, Pj. Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta SH., MH., meluncurkan program “TAPTENG MEMBARA” (Tapanuli Tengah Membangun Rumah Rakyat), pada acara peluncuran di Desa Tapian Nauli I, Kecamatan Tapian Nauli, Selasa (25/6/2024).

Strategi ‘TAPTENG MEMBARA’ ini, di gagasan oleh Pj. Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta SH., MH., dan merupakan program berasaskan semangat Kepedulian dan Gotong Royong.

Menurut Pj. Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta SH., MH., anggaran yang dipergunakan untuk program itu tidak bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tapteng. Melainkan dari sumbangan, donasi dan infak serta bantuan lainnya yang berasal dari Pj. Bupati Tapanuli Tengah, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng, Papdesi Kabupaten Tapanuli Tengah, Tunas Muda Adhyaksa Kejagung RI, Perbankan, Perusahaan serta Sumber lainnya, yang tidak mengikat.

“Kegiatan ini merupakan gagasan yang saya buat atas niat Gotong Royong dari kita bersama yang diawali adanya informasi atas Kondisi rumah warga di Desa Madani ambruk terkena Bencana, tetapi saat itu saya cek anggaran untuk Rehab Rumah tidak ada, maka saya mengajak kawan kawan Papdesi Tapteng dan Kepala Desa untuk bergotong royong melakukan rehab rumah tersebut dan berkembang saat sekarang ini,” jelas Pj. Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng).

Pj. Bupati Tapteng menceritakan, kegiatan positif ini Mamecoin.id niatkan untuk beribadah karena kemanusiaan, dan tentunya tidak berkaitan dengan Politik.

“Kegiatan ini saya niatkan untuk ibadah serta kepedulian terhadap kemanusiaan yang harus kita tingkatkan kedepannya. Jangan ada yang mengkaitkan ini terhadap politik, karena saya tidak mencalonkan diri menjadi Kepala Daerah. Saya hanya ingin selama saya menjabat di Kabupaten Tapanuli Tengah ini, ada usaha perubahan yang saya perbuat untuk kemajuan Kabupaten Tapanuli Tengah, makanya saya terus berkeliling di Jakarta dan Luar Kota mengajukan Proposal bantuan untuk pembangunan Rumah yang Layak Huni untuk masyarakat Tapteng,” sebut Pj Bupati Tapteng.

“Dan alhamdulillah, mendapatkan hasil yang baik. Seperti hari ini, turut hadir bersama kita Perwakilan dari Tunas Muda Adhyaksa dan Perwakilan Salim Grup yang akan melakukan survey untuk membuktikan Proposal yang kita berikan benar seperti keadaan dilapangan,” kata Dr. Sugeng Riyanta SH., MH.

Diakhir sambutan Pj Bupati Tapanuli Tengah menyampaikan mengapresiasi dan terima kasih kepada seluruh donatur serta semua pihak yang telah memberikan bantuan untuk membangun rumah rakyat di Tapanuli Tengah.

Sebelumnya Kadis Perkim Tapteng. Winner Napitupulu dalam laporannya bahwa hasil sementara yang dicapai atas upaya yang dilakukan oleh Pj. Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta SH., MH., untuk mengumpulkan Donasi sebesar Rp. 2.657.849.276 dengan rincian sebagai berikut;

1. Bantuan dari Pj Bupati Tapanuli Tengah, DR. Sugeng Riyanta, SH, MH sebesar Rp. 34.000.000.

2. Bantuan untuk Rehab Rumah Tdak Layak Huni (RTLH) dari Tunas Muda Adhyaksa Kejaksaan Agung RI sebesar Rp. 1 Milyar yang diperuntukkan bagi 40 unit rumah.

3. Bantuan CSR dari PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) Tbk, yaitu bantuan sumbangan berupa material bahan bangunan sebesar Rp. 540.000.000 untuk Rehab 27 unit RTLH.

Adapun bantuan diserahkan melalui 2 (dua) tahap pencairan yaitu:

Tahap I untuk 14 Unit sebesar Rp. 280.000.000 (Material sudah di serahkan) dan Tahap II untuk 13 unit akan diserahkan setelah pelaksanaan rehab RTLH tahap I selesai dikerjakan.

Progress pembangunan rehab RTLH tahap I untuk 14 unit rumah sedang berjalan dan pada minggu depan direncanakan selesai dikerjakan.

4. Bantuan CSR dari Perusahaan Sinar Mas Grup sebesar Rp. 200.000.000 untuk Rehab 10 unit RTLH (masih dalam tahap proses pencairan).

5. Bantuan CSR dari PT. Bank Sumut sebesar Rp. 317.399.276 untuk rehab 12 Unit RTLH (masih dalam tahap proses pencairan).

6. Bantuan dari Kepala Desa Se-Kabupaten Tapanuli Tengah melalui PAPDESI Kabupaten Tapanuli Tengah sebesar Rp. 304.600.000.

7. Bantuan Donatur Pemkab Tapanuli Tengah sebesar Rp. 70.000.000

8. Bantuan dari Pihak ketiga yang tidak mengikat: Rp. 191.850.000.

Kerja keras Pj Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta SH., MH., untuk kepentingan rakyat mengukir sejarah baru Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

Pada acara ini juga Pj. Bupati Tapanuli Tengah bersama Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera II, menandatangani MoU antara Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dengan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera II dalam hal Perencanaan kualitas RTLH melalui program klinik rumah swadaya.

Dan juga dilakukan penyematan Ulos oleh Pj. Bupati Tapteng dan DPC PAPDESI Tapteng terhadap Perwakilan Tunas Muda Adhyaksa Kejagung RI dan Perwakilan Salim Grup.

Turut Hadir Perwakilan Tunas Muda Adhyaksa Kejagung RI, Ade Sofyan, Mewakili Salim Grup, Helmi, Mewakili Danrem 023/KS, Perwakilan Forkopimda Tapteng, Kepala Kajari Sibolga, Kakan Kemenag Tapteng, Kacab Bank Sumut Pandan, Perwakilan Bank BTN, OPD Tapteng, Pengurus DPC PAPDESI Kabupaten Tapteng dan Seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Tapanuli Tengah, Camat Tapian Nauli, para Masyarakat Penerima Bantuan Rehab RTLH, serta Tamu undangan lainnya.

Editor: Arman Junedy

T#g:Sugeng RiyantaTapteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *