Berita  

[Update] Kemenkeu Raih Penghargaan Koleksi Jenis Vegetasi Terbanyak

Mamecoin.id – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerima Penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas kategori Kantor Kementerian/Lembaga dengan Koleksi Jenis Vegetasi Terbanyak, yakni sejumlah 263 jenis.

Seremonial penyerahan penghargaan dilangsungkan di Taman Air Mancur, Kantor Pusat Kemenkeu, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2024).

Sekretaris Jenderal (Sekjen), Heru Pambudi hadir mewakili Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani untuk menerima secara langsung penganugerahan tersebut, didampingi oleh Kepala Biro Umum, Sekretariat Jenderal (Setjen), Sugeng Wardoyo.

Rekor ini menggeser posisi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang pada tahun 2022 lalu mendapatkan penghargaan serupa, dengan koleksi jumlah vegetasi sebanyak 105 jenis.

Selain itu, sebagai wujud implementasi Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor SE6/MK.1/2019 tentang Penerapan Kantor Ramah Lingkungan (Program Eco-Office), Kemenkeu juga telah melaksanakan berbagai upaya konkret.

Salah satunya adalah melakukan penataan dan menyediakan ruang terbuka hijau di lingkungan Kantor Pusat Kemenkeu.

Penataan ruang terbuka hijau ini menjadi salah satu upaya Kemenkeu untuk ikut berkontribusi mengatasi pemanasan global, serta menghadirkan kawasan serta lingkungan kerja yang nyaman, sehat, teduh, bersih, asri, dan manusiawi di Kantor Pusat Kemenkeu.

Dalam momentum penyerahan penghargaan MURI ini, Kemenkeu melalui Setjen juga sekaligus meluncurkan buku berjudul “Pusparagam Flora Kantor Pusat Kementerian Keuangan”, yang dapat diunduh pada tautan ini.

Buku tersebut menyajikan pengetahuan terkait jenis dan manfaat berbagai tanaman yang ada di area terbuka hijau di lingkungan Kantor Pusat Kemenkeu.

Buku tersebut berisi daftar informasi mengenai ratusan ragam tanaman yang berada di Kantor Pusat Kemenkeu, serta gambaran singkat terkait berbagai program perwujudan Program Eco-Office.

Seperti manajemen sampah terpadu, penghematan sumber daya energi listrik dan air, manajemen kebersihan dan kenyamanan ruang kerja, hingga penataan ruang terbuka hijau. (*)

(Jakarta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *