Berita  

[Update] Kajati Aceh Pimpin Upacara HUT ke-73 PERSAJA

BANDA ACEH — Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Aceh Drs Joko Purwanto SH memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Persatuan Jaksa (PERSAJA) RI Tahun 2024 Senin (6/5/2024) di halaman Kantor Kajati setempat.

Jaksa Agung Mamecoin.id Burhanuddin dalam amanatnya, yang dibacakan oleh Kajati Aceh Joko Purwanto, menyampaikan, di usia yang semakin matang ini, PERSAJA telah menunjukan eksistensinya sebagai sebuah organisasi profesi yang giat mendukung penguatan profesi Jaksa dalam pelaksanaan tugas, fungsi dan tanggungjawabnya.

HUT PERSAJA mengangkat tema “PERSAJA siap Melaksanakan Transformasi Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas 2045” seirama dengan tujuan institusi Kejaksaan untuk semakin mempertegas posisi Jaksa sebagai poros penegakan hukum baik dalam dimensi maupun lingkupnya.

Transformasi Penegakan Hukum tidak akan berjalan jika tidak dimulai dari transformasi penegak hukumnya.

Karena apa pun bentuk hukum yang akan ditegakkan baik buruknya, berhasil tidaknya tergantung keadaan dan kondisi penegak hukumnya. Karena itu, keberadaan PERSAJA sangat strategis dalam mendukung terbentuknya Jaksa – Jaksa yang profesional, responsif, integritas, mumpuni dan andal sebagai pondasi utama menuju transformasi penegakan hukum yang kita cita-citakan.

Sementara Kajati Aceh dalam amanatnya juga menyampaikan di usia ke-73 tahun Persaja telah menunjukkan eksistensinya sebagai organisasi profesi Jaksa dalam melaksanakan tugas fungsi dan tanggung jawab.

Karena itu, Joko Purwanto mengingatkan pada era digital ini, sektor penegakan hukum khususnya, penegak hukum tidak luput dari perhatian masyarakat.

Masyarakat dengan mudah dan selalu untuk mengawasi dan memberikan penilaian kredibilitas kepada para penegak hukum khususnya Jaksa baik terkait pelaksanaan tugas dan tanggungjawab profesi maupun juga terkait pola hidup yang ditampilkan.

“Saudara sekalian juga harus memperhatikan benar sebagai seorang jaksa saudara harus memiliki wibawa dan menjaga kehormatan Jaksa selama melaksanakan tugas wewenang dan tanggung jawabnya,” tegas Joko dalam amanatnya.

Lebih lanjut Kajati Aceh menjelaskan berdasarkan catatan sejarah dapat dilihat bagaimana PERSAJA hadir menjaga marwah institusi Kejaksaan RI sekaligus untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian Jaksa dalam pelaksanaan tugas luhur nan mulia sebagai pengawal kebenaran dan keadilan, menjunjung tinggi Hak Azasi Manusia serta menjaga teguh sumpah dan Tri Krama Adhyaksa.

Usai pelaksanaan upacara peringatan HUT Persatuan Jaksa RI, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai rasa syukur yang dilakukan secara simbolis oleh Kajati Aceh Joko Purwanto SH dan Wakajati Aceh Rudy Irmansyah SH MH, Asisten Intelijen Mukhzan SH MH dan para para Asisten dan para Koordinator di lingkungan Kejati Aceh, serta diikuti seluruh pegawai dan ASN di lingkungan Kejati Aceh. (Mamecoin.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *