Berita  

[Update] JPL Sibolga –Tapteng Gelar Pelatihan Jurnalistik

Mamecoin.id – Jurnalis Peduli Lingkungan (JPL) Sibolga melakukan terobosan kreatif guna peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan mengadakan pelatihan Jurnalistik yang dilaksanakan di Aula Polres Sibolga, Kamis (18/1/24). Dalam kegiatan tersebut, JPL memberikan pelatihan jurnalistik bagi siswa SMA Sibolga dan Tapanuli Tengah.

Pelatihan jurnalistik ini dilaksanakan dalam rangka membangun karakter ke arah yang positif dalam hal menggunakan media sosial yang baik dan benar, serta menjadi patron di tengah -tengah masyarakat. 

Menurut Ketua JPL Sibolga – Tapteng yang juga aktivis lingkungan Sukriadi Tanjung mengatakan bahwa dengan membangun karakter ke arah yang positif diharapkan para siswa SMA bisa menjadi garda terdepan ditengah -tengah para generasi muda. 

“Karena beberapa kali meliput kasus kriminal melibatkan remaja seperti tawuran hingga perundungan, maka kami berinisiatif menyelenggarakan pelatihan jurnalistik untuk para generasi muda kita yang sedang duduk dibangku SMA ,” katanya. 

Selain pelatihan teknis jurnalistik serta penyampaian informasi, salah satu materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut adalah soal pengenalan aturan penyebaran informasi dalam hukum perundang-undangan yang berlaku untuk peningkatan literasi digital . Selain itu, pelatihan ini juga memberikan pemahaman dalam pelatihan materi terkait pentingya mencintai lingkungan, baik dilingkungan sekolah maupun rumah dan bisa memberikan pemahaman kepada warga sekitar, dengan harapan, nantinya para peserta yang hadir mampu merealisasikan penyebaran informasi yang positif di lingkungannya dengan benar dan serta menjadi ganda terdepan bagi generasi muda. 

“Mudah – Mudahan dengan cara ini, pelajar diharapkan bisa ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut serta dalam program pembangunan melalui pelatihan ini,” harapnya.

Sementara itu, Kapolres Sibolga AKBP Fauzy Achmad Fauzy mengungkapkan, Jurnalistik berfungsi sebagai sarana penting untuk menyediakan akses informasi yang mudah dan dapat dipercaya kepada masyarakat. Di mana teknologi digital dan internet merajai, jurnalis dapat memanfaatkan platform online untuk menyebarkan informasi dan pengetahuan yang relevan kepada generasi muda.

“Dengan memberikan akses yang luas terhadap informasi dan pendidikan, jurnalistik dapat membantu generasi emas dalam meningkatkan keterampilan dan pemahaman mereka dalam berbagai bidang menambah ilmu,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, Jurnalistik memiliki kekuatan untuk menggugah kesadaran masyarakat tentang isu-isu sosial dan lingkungan. di mana kesadaran akan isu-isu global seperti perubahan iklim, kesenjangan sosial, dan keberlanjutan menjadi semakin penting, jurnalis dapat memainkan peran penting dalam mengampanyekan perubahan positif. 

“Dengan melaporkan tentang isu-isu ini dan mendorong dialog publik, jurnalis dapat membantu generasi emas memahami pentingnya bertindak dan berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih baik, semoga pelatihan mebagi langkah awal untuk kesussesan kita semua,” tambahnya.

Sebelumnya, Katarina Siburian Hardono, Corporate Communications PT Agincourt Resources sangat mendukung kegiatan pelatihan jurnalistik yang digagas oleh Jurnalis Peduli Lingkungan Sibolga-Tapteng. 

“Semoga kegiatan ini membuka wawasan baru dan mendorong kreativitas serta efektifitas pengemasan tulisan terkait lingkungan yang positif dan konstruktif. Kesadaran dan semangat rekan-rekan Jurnalis Peduli Lingkungan ini sejalan dengan komitmen PT Agincourt Resources terhadap pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan,” ujar Katarina. 

(Sibolga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *