Berita  

[Update] Jaga Netralitas, Jamal Pohan ‘Amputasi’ 58 Pejabat di Lingkungan Pemko Sibolga Berita Terkini Medan Sumut

Wali Kota (Walkot) Sibolga, H. Jamaluddin Pohan ‘Amputasi’ 58 pejabat Administrator dan Pejabat Pengawasan di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemko) Sibolga, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Penggantian pejabat ini sempat terkendala beberapa jam, namun pada akhirnya pelantikan tersebut juga berlangsung di aula Nusantara I, Kantor Wali Kota Sibolga, Jumat (19/1/2024) dan selesai pukul 18:30 Wib.

Wali Kota Sibolga, H Jamaluddin Pohan menyampaikan, tujuan pelantikan 58 pejabat ini sebagai bentuk pembenahan dan peningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah ‘Negeri Berbilang Kaum’.

“Ada tiga pejabat eselon II (Kadis/Kepala-red) Kesehatan, BPKAD dan BKD. Camat ada dua, (Camat Sibolga-red) Selatan dan Utara. Lurah (Sebanyak-red) Sembilan,” sebut nya usai melantik.

Dilain penyegaran, Wali Kota Sibolga juga mengaku sebagai bentuk menjaga netralitas menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun ini.

“Pertama untuk penyegaran, dan menjaga stabilitas, netralitas Pemilu,” ujarnya.

Disinggung soal dugaan ASN di Pemerintahan Kota Sibolga tidak menunjukan netralitas menyambut Pemilu, Jamal mengaku akan menyelidiki hal itu.

“Yah untuk itu, nanti kita kaji yah,” ungkap lelaki yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Tapanuli Tengah.

Lebih lanjut Jamaluddin Pohan menegaskan, sebagai orang nomor satu di Pemerintahan Kota Sibolga dirinya akan melakukan evaluasi kinerja terhadap bawahannya, termasuk Kepala Lingkungan (Kepling).

“Melihat kenetralitasan seluruh ASN, pimpinan OPD, Camat, Lurah dan seluruhnya akan kita evaluasi, apa bila terindikasi politik praktis. Kepling akan menyusul,” katanya.

Ditanya soal pengunduran waktu beberapa jam hinga selesai pukul 18:30 wib. Wali Kota Sibolga menyebutkan hanya soal pemberkasan administrasi.

“Ada pemberkasan administrasi nya tadi, untuk naska pelantikan,” himbunya sembari berharap kepada pejabat yang baru dilantik agar menjadi penggerak organisasi dengan cepat menyesuaikan diri, menjaga loyalitas dan menghindari praktik korupsi.

Walkot Sibolga, H Jamaluddin Pohan juga menyematkan tanda jabatan kepada Camat dan Lurah baru dilantik, dan memberikan surat tugas kepada Kepala Dinas (Kadis) dan Kepala Pelaksana Tugas (Plt) Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) da Dinas Kesehatan Kota Sibolga.

Pelantikan dan ‘Amputasi’ terhadap 58 pejabat Administrator dan pejabat Pengawasan di lingkungan Pemko Sibolga ini, turut disaksikan Kapolres Sibolga dan perwakilan Danrem 023/KS.

Editor: Arman Junedy


T#g:Jamal PohanPejabat Sibolga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *