Berita  

[Update] IHSG Mampu Bertahan di Zona Hijau Saat Asing Bukukan Transaksi Jual Bersih Rp490 Miliar

Mamecoin.id – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini mampu mempertahank kinerja positifnya dengan ditutup menguat 1.1% di level 7.234,19. Penguatan kinerja ini justru dilakukan IHSG pada saat  asing membukukan transaksi jual bersih senilai Rp490 miliar. 

Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, mayoritas bursa di Asia pada perdagangan hari ini juga ditutup menguat. 

“Sentimen penguatan bursa regional menjadi pendorong penguatan bursa di tanah air, ditengah minimnya sentimen pasar,” ujar Gunawan di Medan, Selasa (30/4/2024).

Namun kondisi berbeda dialami mata uang Rupiah yang tak mampu bangkit dan justru ditutup melemah tipis di level 16.255 per Dolar AS. 

Kinerja mata uang Rupiah masih mengalami tekanan jelang kebijakan moneter Bank Sentral AS atau The FED. Dan pelaku pasar juga tengah menanti rilis data inflasi pada hari kamis mendatang. Dimana inflasi diproyeksikan masih akan sesuai ekspektasi pasar.

Kinerja pasar keuangan jelang perdagangan akhir pekan menurut Gunawan masih dibayangi ketidakpastian yang bisa membuat pasar bergejolak nantinya. 

“Baik Rupiah dan IHSG berpeluang untuk kembali berada dibawah tekanan di akhir pekan. Selain itu, tensi geopolitik yang kian memanas juga turut memicu ketidakpastian kinerja pasar keuangan nantinya,” katanya.

Sementara itu, harga emas kembalil mengalami tekanan pada perdagangan sore. Harga emas ditransaksikan melemah dikisaran US $2.300 per ons troy di sesi perdagangan sore. Pasar kembali dibayangi kekuatiran akan sinyal kebijakan The FED yang buruk bagi kinerja harga emas nantinya. (*)

(Medan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *