Berita  

[Update] IHSG dan Rupiah Kompak Menguat di Akhir Pekan

Mamecoin.id – Bursa di Asia mayoritas berbalik menguat setelah sempat mengalami tekanan pada sesi perdagangan pagi.

Di sisi lainnya, kinerja Dolar AS juga terpantau melemah terhadap banyak mata uang Asia.

Analis keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, spekulasi yang berkembang diantara pelaku pasar pada hari ini adalah, bahwa data inflasi AS akan bergerak melandai, yang akan menjadi kabar baik bagi pasar keuangan global.

“Spekulasi tersebut telah mendorong penguatan pada mata uang Rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG),” ujar Gunawan di Medan, Jumat (28/6/2024) .

Gunawan menyebutkan, Rupiah yang sempat melemah di sesi pembukaan perdagangan berbalik arah, dan ditutup menguat di level 16.370 per Dolar AS.

Selama sesi perdagangan pada hari ini, Rupiah sempat tertekan di area 16.420 per Dolar AS, dan sempat bergerak sangat volatile sebelum akhirnya ditutup menguat.

Sementara itu, kinerja IHSG menjadi salah satu yang terbaik di Asia.

IHSG yang sedari awal perdagangan di buka menguat, konsisten di zona hijau dan ditutup naik 1.37% di level 7.063,58, meski asing membukukan transaksi jual bersih senilai Rp275 miliar.

IHSG kembali melanjutkan tren positif, meskipun memicu kekuatiran terjadinya koreksi teknikal.

“Secara keseluruhan, pasar keuangan masih dibayangi koreksi besar jika data rilis data inflasi AS nantinya justru menunjukan bahwa ekonomi AS belum membutuhkan pemangkasan bunga acuan,” kata Gunawan.

Kondisi seperti itu juga berpeluang memicu terjadinya tekanan pada harga emas.

Harga emas pada perdagangan sore di transaksikan di level US$2.329 per ons troy nya, atau sekitar Rp1,230 juta per gram. (*)


(Medan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *