Berita  

[Update] Hasyim Dorong Dinkes Kota Medan Masif Sosialisasikan Program UHC, Posyandu Lansia dan Balita

MEDAN (Mamecoin.id) : Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan Hasyim SE minta Pemerintah Kota (Pemko) Medan memaksimalkan pelayanan Kesehatan gratis kepada masyarakat.

Hasyim juga mendorong Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan  mensosialisasikan secara masif program Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB) dan pelayanan kesehatan bagi lanjut usia (Lansia) ataupun bayi bawah lima tahun (Balita) di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

“Kita harapkan pelayanan kesehatan gratis UHC dan Posyandu telah tersosialisasi di tengah-tengah masyarakat. Karena sampai hari ini
masih banyak warga kota Medan yang belum mengetahui adanya pelayanan UHC, dan Posyandu Balita, apalagi Lansia,” ujar Hasyim SE , Jumat (7/6/2024).

Selain itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Medan ini juga minta Dinkes melakukan pengawasan agar seluruh rumah sakit, pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), klinik dan fasilitas kesehatan lainnya terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada semua pasien UHC.

“Tindak tegas jika terbukti ada
sakit,Puskesmas, klinik dan fasilitas kesehatan lainnya yang melakukan pelayanan buruk kepada pasien,” tegas Hasyim yang saat ini lolos menjadi anggota DPRD Sumut periode 2024-2029 itu.

Disampaikan Hasyim. Pemko Medan telah berkolaborasi dengan DPRD Medan terkait pelayanan kesehatan gratis bagi warga kurang mampu lewat program UHC JKMB ini.

Melalui program tersebut warga Medan cukup menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK).dapat berobat di rumah sakit yang bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)8 Kesehatan.

“Sebab untuk progam UHC JKMB, Pemko Medan mengalokasikan anggaran sekitar Rp 200 miliar lebih di Tahun 2024, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 180 miliar lebih terangnya.

Ditambahkan Hasyim, program UHC JKMB ini sebagai bentuk kepedulian Pemko dan DPRD Medan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kita konsisten memaksimalkan pelayanan kesehatan di tengah-tengah masyarakat,” sebutnya seraya mengatakan agar warga tidak khawatir berobat apabila belum memiliki Kartu Sehat atau BPJS Kesehatan menunggak.

“Karena selagi memiliki KTP Kota Medan dipastikan mendapat pelayanan kesehatan gratis dan otomatis masuk program UHC, ” terang Hasyim.

Dikatakan Hasyim, sehat itu mahal, karenanya untuk  mendapatkan kesehatan itu, dia mengajak warga untuk menjaga kebersihan baik diri sendiri, rumah dan lingkungan.

“Jaga pola makan, istirahat yang cukup, tidur teratur, olahraga rutin, niscaya kita akan sehat,” terang Hasyim.P06


Dilihat : 45

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *