Berita  

[Update] Hari Jadi ke-78 Deli Serdang, Momentum Refleksi dan Napak Tilas Sejarah Panjang Berita Terkini Medan Sumut

Hari Jadi ke-78 Kabupaten Deli Serdang yang diperingati setiap tanggal 1 Juli merupakan momentum penting untuk melakukan refleksi dan napak tilas sejarah panjang Bumi Bhinneka Perkasa Jaya dalam lintasan zaman.

Para pakar sejarah dan berbagai studi telah menyampaikan, keberadaan Deli Serdang saat ini tidak terlepas dari berbagai peristiwa penting, mulai dari keberadaan Kerajaan Aru, kedatangan Panglima Gotjah, hingga masa kolonial Belanda dan kemerdekaan. 

Penetapan 1 Juli sebagai hari jadi Kabupaten Deli Serdang didasarkan pada Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), tanggal 26 Juni 1946, yang mengukuhkan penetapan enam bupati di Sumatera Timur dan mulai diberlakukan mulai 1 Juli 1946. Sejak itu, istilah bupati mulai digunakan di enam kabupaten di Sumatera Timur, termasuk Deli Serdang.

“Tak dapat dipungkiri, perjalanan sejarah yang cukup panjang ini telah mengantarkan kita pada satu titik penting, di mana kita dapat merefleksikan perjalanan pencapaian dan tantangan yang dihadapi. Berkat kegigihan, kerja keras dan semangat pantang menyerah, Deli Serdang berhasil melewati setiap tantangan dan terus berkembang menunjukkan ke arah kemajuan. Kemajuan terlihat dari berbagai sektor, seperti infrastruktur, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial budaya,” jelas Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM dalam pidatonya pada Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-78 Kabupaten Deli Serdang, Senin (1/7/2024).

Maka dari itu, di momen hari jadi ke-78, sudah sepantasnya seluruh masyarakat Deli Serdang bersyukur, karena dapat hidup rukun dan damai dalam kebhinekaan. Bahkan, mampu mengambil berbagai peran positif dalam kancah pembangunan bangsa.

“Hal ini patut kita banggakan, mengingat Deli Serdang telah melewati berbagai peristiwa sejarah panjang dan perjuangan yang tidak mudah,” kata Pj Bupati.

Tema, “Terus Melangkah Untuk Kejayaan Deli Serdang”, pada peringatan hari jadi ke-78 ini merupakan manifestasi dari rasa bangga dan kecintaan terhadap Deli Serdang. Tema yang menunjukkan tekad dan komitmen untuk terus membangun dan memajukan Deli Serdang menjadi kabupaten yang lebih maju, sejahtera dengan masyarakat yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.

Pada momentum ini pula, masyarakat Deli Serdang juga harus bersyukur karena berbagai capaian pembangunan terus menunjukkan peningkatan positif, antara lain Deli Serdang memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di antara kabupaten lainnya di Sumatera Utara. 

Tahun 2023, IPM Deli Serdang telah mencapai angka sebesar 77,16 lebih tinggi dibandingkan IPM Provinsi Sumatera Utara sebesar 75,15 dan IPM Nasional sebesar 74,39. Sedangkan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Deli Serdang pada tahun 2022 sebesar 5,34 persen atau mengalami pertumbuhan yang positif bila dibandingkan dengan tahun 2021 sebesar 4,7 persen. Kemiskinan di Kabupaten Deli Serdang pada tahun 2023 sebesar 3,44 persen atau mengalami penurunan dibandingkan pada tahun 2022 sebesar 3,62. Capaian tahun 2023 tersebut lebih baik dari capaian Provinsi Sumatera Utara sebesar 8,15 persen dan Nasional sebesar 9,36 persen.

Di samping itu juga, Kabupaten Deli Serdang cukup banyak memperoleh penghargaan, baik dari pemerintah atasan maupun berbagai lembaga yang berkompeten, sebagai bentuk pengakuan Deli Serdang merupakan salah satu daerah berprestasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat.

Berbagai capaian dan penghargaan tersebut tentunya memberi konsekuensi dan tanggungjawab lebih besar untuk terus mendorong peningkatan kinerja, kebersamaan, kekompakan, sinergitas dan kolaborasi untuk mewujudkan masyarakat Deli Serdang yang lebih maju dan sejahtera.

Sementara itu, pimpinan sidang, Wakil DPRD Deli Serdang, Drs T Akhmad Tala’a mengajak agar terus bersinergi untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Deli Serdang.

“Berbagai program pembangunan yang dilaksanakan selama ini tidak terlepas dari berbagai hambatan, kekurangan dan tantangan yang menjadi motivasi bagi kita untuk mengatasinya. Sehingga, kita setahap mampu keluar dari berbagai hambatan, kekurangan dan tantangan tersebut. Ini seirama dengan tema Hari Jadi ke-78 Kabupaten Deli Serdang Tahun 2024, yaitu Terus Melangkah Untuk Kejayaan Deli Serdang,” terangnya.

Turut hadir pada rapat paripurna istimewa tersebut, Pj Gubernur Sumatera Utara diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan, Ir MA Effendi Pohan MSi; anggota DPRD Sumatera Utara, H Wagirin Arman SSos dan H Muhammad Subandi Mamecoin.id; Pj Ketua TP PKK Deli Serdang, NY Ismiralda Wiriya Alrahman; Ketua dan Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, Zakky Shahri SH, Amit Damanik dan Dr H Nusantara Tarigan Silangit SE MM MH bersama anggota DPRD Deli Serdang lainnya; Forkopimda Deli Serdang, mantan Bupati dan Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar; mantan Wakil Bupati Deli Serdang, H Zainuddin Mars; keluarga mantan Bupati dan Wakil Bupati, mantan Ketua DPRD Deli Serdang, mantan Sekretaris Daerah, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda), Dr Drs Citra Effendi Capah MSP bersama para Pejabat Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya.

Editor: Mamecoin.id

T#g:DPRD DSHUT Deli Serdang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *