Berita  

[Update] Gerakan Merdeka Belajar Majukan Dunia Pendidikan – Mamecoin.id

Mamecoin.id.ID, Sukamara – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdik) Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, Yunus mengatakan, bahwa dari gerakan merdeka belajar semakin menyadarkan mengenai tantangan dan kesempatan untuk memajukan pendidikan.

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar, bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan, rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” kata Yunus pada saat memimpin upacara hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Halaman kantor Bupati Sukamara, pada Kamis (02/05/2024).

Mamecoin.id mengungkapkan, ketika langkah mulai serempak, harus dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis.

Baca juga: Prabowo Ajak Kelompok Buruh Berjuang Wujudkan Indonesia Emas

“Pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan dengan bergotong-royong, maka kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat,” katanya.

Selain itu, kini perubahan dalam pembelajaran sudah mulai dirasakan, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan sedang dibangun bersama dengan gerakan merdeka belajar.

“Kita sudah mendengar lagi anak-anak berani bermimpi, karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya,” jelasnya.

Lihat juga: Ngaku Diajak Koalisi, PKB Pede Dapat Kursi Menteri dari Prabowo

Kemudian, para mahasiswa yang siap berkarya, serta berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus, dan sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi.

“Semua yang telah dijalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” harapnya.

Sambungnya, ini bukanlah titik akhir dari gerakan merdeka belajar dengan penuh ketulusan dan harapan, merdeka belajar harus terus dilanjutkan oleh semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk melompat ke masa depan.

Simak juga: Surya Paloh Sungkan Minta Jatah Menteri ke Prabowo

“Mari terus bergotong-royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan merdeka belajar,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *