Berita  

[Update] Ganjar Angkat Bicara Soal Isu mobilisasi Internal PBNU – Mamecoin.id

Mamecoin.id.ID JAKARTA Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, angkat bicara soal isu mobilisasi internal Pengurus Besar Nadhatul Ulama untuk mendukung pasangan calon 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Kabar mengenai mobilisasi internal PBNU mendukung Paslon Nomor Urut 2 diungkapkan Cendekiawan Nahdlatul Ulama (NU) Nadirsyah Hosen yang akrab disapa Gus Nadir.

Gus Nadir mengatakan, arahan untuk mendukung Paslon Nomor Urut 2 disampaikan langsung Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya dan Rais Aam PBNU KH Miftachul Achyar, di Hotel Bumi, Surabaya, Jawa Timur.

Ganjar mengatakan, belum tahu pasti kebenaran kabar itu, namun dia meyakini netralitas PBNU, pada Pemilu 2024 dengan sejujur-jujurnya.

“Saya belum mendengar, cuma kemarin waktu ulang tahun aja ada kode-kode, kalau kita yang politisi pasti paham. Tapi rasa-rasanya, NU itu ada di mana-mana dan saya yakin PBNU bisa menjaga netralitas dengan sepenuh hati dan sejujur-jujurnya,” kata Ganjar, saat berkunjung ke Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Dia mengungkapkan, kenal baik dengan Gus Yahya selaku Ketua Umum PBNU dan tahu sepak terjangnya sebagai aktivis, sehingga bisa menegakkan netralitas organisasi Islam terbesar di Indonesia itu.

“Saya yakin Gus Yahya bisa melaksanakan itu, Gus Yahya kan aktivis dan saya kenal dekat dengan beliau. Pasti Gus Yahya bisa menjaga netralitas,” ujar Ganjar.

Capres berambut putih itu menambahkan, kader NU memiliki kebebasan untuk mendukung capres mana pun sesuai pilihan hati nurani. Ganjar bahkan menyebut NU memiliki banyak kader terbaik yang memberi sumbangsih besar bagi negara.

“Bahwa kader NU ada di mana-mana karena punya pilihan, ya memang sunatullah-nya begitu,” tutur Ganjar.

Sebelumnya, Gus Nadir yang merupakan cendikiawan NU, mengungkapkan bahwa Gus Yahya mengumpulkan jajaran Pengurus Besar NU di Hotel Bumi, Surabaya.

Adapun pengurus yang dikumpulkan mulai dari Rais Syuriyah, Ketua Tanfdiziyah sampai ketua cabang dan wilayah PBNU.

“Meski tidak ada keputusan resmi yang dituangkan dalam surat berkop PBNU, namun arahan itu jelas, karena yang dikumpulkan pengurus, sehingga secara sruktur itu diperintahkan dukung Paslon 2,” ujar Gus Nadir dalam Program GASPOL yang ditayang di kanal YouTube Kompas.com, Sabtu

Tidak Permasalahkan Menteri Dukung Paslon Nomor Urut 2

Ganjar Pranowo juga tidak mempermasalahkan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) mendukung Pasangan Calon Nomor Urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, pada Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Menteri yang terang-terangan mendukung Paslon Nomor Urut 2 adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar menjawab pertanyaan wartawan usai bertemu jajaran Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Jawa Tengah, Tim Pemenangan Cabang (TPC) Salatiga, Caleg Partai Koalisi, dan Relawan Ganjar-Mahfud, di Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Ganjar mengatakan, kehadiran sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dalam rombongan pendukung Paslon Nomor 2 menunjukkan sikap pilihan politik mereka.

(Mamecoin.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *