Berita  

[Update] Fraksi PAN Apresiasi Usulkan Ranperda Tata Cara Penyusunan Propemperda

MEDAN (Mamecoin.id) : Sampai saat ini Kota Medan belum memiliki peraturan (Perda) yang mengatur mengenai tata cara penyusunan program pembentukan peraturan daerah (Propemperda).

 

Keadaan ini tentunya mempengaruhi bagaimana tata cara yang baku didalam penyusunan propemperda, serta dibutuhkan adanya skala prioritas didalam program penyusunan peraturan daerah (Perda).

 

Pernyataan ini disampaikan Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) Dewan Perwakilan Rakyat Daarah (DPRD) Medan Edwin Sugesti Nasution SE, MM saat membacakan pandangan fraksinya dalam rapat paripurna internal dengan agenda

pandangan Fraksi-Fraksi terhadap penjelasan pengusul DPRD Medan atas Ranperda Kota Medan tentang Tata Cara Penyusunan Propemperda

di gedung dewan Jalan Kapten Maulana Lubis No 1 Medan, Senin (13/5/2024).

 

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Medan H.Ihwan Ritonga SE, MM didampingi H.T Bahrumsyah.SH, MH. Para pimpinan fraksi serta anggota dewan lainnya.Hadir juga Sekretaris Dewan (Sekwan) M Ali Sipahutar bersama Kabag Persidangan Willy Andreas Simanjuntak dan sejumlah pejabat dilingkungan Sekretariat DPRD Medan.

 

Dikatakan Edwin, Fraksi PAN DPRD Kota Medan berharap dengan adanya peraturan daerah (Perda) tentang tata cara penyusunan Propemperda ini nantinya maka kedepannya Propemperda dapat dilakukan secara terencana, terpadu dan sistematis.

 

Dengan demikian Perda yang dihasilkan dapat lebih efektif, efisien, tertib, teratur, tersistematis dan tidak tumpang tindih, ungkap anggota dewan yang duduk di Komisi IV tersebut.

 

Fraksi PAN DPRD Medan kata Edwin Sugesti yang kembali terpilih menjadi anggota dewan pada pemilu 24 Pebruari 2024 lalu, memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tinggi terhadap inisiatif anggota DPRD Medan yang telah mengusulkan Ranperda Kota Medan tentang tata cara penyusunan propemperda

 

Hak inisiatif atau hak untuk mengajukan usul Ranperda merupakan salah satu hak yang dimiliki oleh anggota DPRD sebagaimana diatur dan digariskan oleh perundang-undangan (UU)

dalam bidang dan fungsi legislasi.

 

Kekuasaan legislasi DPRD

ini merupakan inti dari kedaulatan rakyat. Melihat, mendengar dan menyalurkan aspirasi untuk kepentingan rakyat.

 

Fraksi PAN DPRD Kota Medan berharap fungsi legislasi dalam hal hak inisatif pengajuan Ranperda ini kiranya dapat lebih dioptimalkan DPRD Kota Medan kedepannya.

 

Diakhir pandangannya Edwin mengatakan fraksinya Medan mendukung dan menyetujui agar Ranperda inisiatif DPRD Medan tentang tata cara penyusunan Propemperda tersebut ditetapkan menjadi hak inisiatif DPRD Kota Medan dan segera disampaikan kepada pemerintah kota (Pemko) Medan, guna pembahasan yang lebih mendalam, cermat, dan komprehensif pada tingkatan lebih lanjut. P06


Dilihat : 16

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *