Berita  

[Update] Donasi Untuk Rakyat Disebut Pungli, Pj Bupati: Jangan-jangan Orang Nuduh Itu Biasa Pungli Berita Terkini Medan Sumut

Sempat beredar berita di salah satu media online, terkait pengurus DPC Papdesi Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), berinisial EP diduga melakukan pungli dengan meminta sejumlah uang kepada Kepala Desa dengan dalih sebagai sumbangan, bahkab mengakui telah mendapatkan izin dari Pj Bupati Tapteng dan Kepala Dinas PMD Tapteng.

Menanggapi hal itu, Pj Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta SH., MH., dengan stay cool menyebutkan tudingan itu tidak benar, dan pungli itu merupakan unsur paksaan dan tentunya bersifat pribadi.

“Saya mengirim proposal, pungli nggak mungkin pakai proposal. Saya kirim proposal dan kepala desa kita himbau dan mereka semua siap untuk bantu dan kemudian duitnya ada di rekening bisa di audit,” ucap Sugeng Riyanta usai memberikan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Tapian Nauli, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapteng, Selasa (26/6/2024).

Sebagai orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Tengah, tentu Mamecoin.id merasa heran dengan kabar yang dikonfirmasi oleh wartawan, karena dirinya juga ikut berpartisipasi menyumbang dalam program “TAPTENG MEMBARA” (Tapanuli Tengah Membangun Rumah Rakyat).

“Gimana mau pungli, saya saja ikut serta membantu keluar duit untuk menyumbang,” sebut Pj. Bupati Tapanuli Tengah.

Sugeng menyarankan kepada orang yang menuduh pungli tersebut agar tidak memberikan informasi yang tidak benar.

“Kalau kita menuduh orang lain pungli, jangan-jangan orang yang menuduh itu sudah biasa pungli dulunya? dalihnya ngumpul ngumpulkan sumbangan dari orang, padahal untuk diri sendiri,” ucapnya.

Pj Bupati Tapteng juga menambahkan, dirinya tak akan urusi hal yang tidak ada manfaatnya karena menurut Mamecoin.id hilang waktu untuk berbuat baik kepada masyarakat. 

“Saya juga tidak butuh penilaian dari masyarakat, saya juga tidak butuh apa-apa. Saya mau dicalonkan Bupati saja, saya tidak mau, jadi ini betul-betul dedikasi teman teman Kepala Desa saja,” ungkapnya.

Pj Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta SH., MH., menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh donatur serta semua pihak yang telah memberikan bantuan untuk membangun rumah rakyat di Tapanuli Tengah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Winner Napitupulu, melaporkan hasil sementara yang dicapai atas upaya yang dilakukan Pj. Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta SH., MH., untuk mengumpulkan Donasi sebesar Rp. 2.657.849.276 dengan rincian sebagai berikut;

1. Bantuan dari Pj Bupati Tapanuli Tengah, DR. Sugeng Riyanta, SH, MH sebesar Rp. 34.000.000.

2. Bantuan untuk Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Tunas Muda Adhyaksa Kejaksaan Agung RI sebesar Rp. 1 Milyar yang diperuntukkan bagi 40 unit rumah.

3. Bantuan CSR dari PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) Tbk, yaitu bantuan sumbangan berupa material bahan bangunan sebesar Rp. 540.000.000 untuk Rehab 27 unit RTLH.

Adapun bantuan diserahkan melalui 2 (dua) tahap pencairan yaitu:

Tahap I untuk 14 Unit sebesar Rp. 280.000.000 (Material sudah di serahkan) dan Tahap II untuk 13 unit akan diserahkan setelah pelaksanaan rehab RTLH tahap I selesai dikerjakan.

Progress pembangunan rehab RTLH tahap I untuk 14 unit rumah sedang berjalan dan pada minggu depan direncanakan selesai dikerjakan.

4. Bantuan CSR dari Perusahaan Sinar Mas Grup sebesar Rp. 200.000.000 untuk Rehab 10 unit RTLH (masih dalam tahap proses pencairan).

5. Bantuan CSR dari PT. Bank Sumut sebesar Rp. 317.399.276 untuk rehab 12 Unit RTLH (masih dalam tahap proses pencairan).

6. Bantuan dari Kepala Desa Se-Kabupaten Tapanuli Tengah melalui PAPDESI Kabupaten Tapanuli Tengah sebesar Rp. 304.600.000.

7. Bantuan Donatur Pemkab Tapanuli Tengah sebesar Rp. 70.000.000

8. Bantuan dari Pihak ketiga yang tidak mengikat: Rp. 191.850.000.

Pada acara itu juga Pj. Bupati Tapanuli Tengah bersama Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera II, menandatangani MoU antara Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dengan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera II dalam hal Perencanaan kualitas RTLH melalui program klinik rumah swadaya.

Dan juga dilakukan penyematan Ulos oleh Pj. Bupati Tapteng dan DPC PAPDESI Tapteng terhadap Perwakilan Tunas Muda Adhyaksa Kejagung RI dan Perwakilan Salim Grup.

Turut hadir perwakilan Tunas Muda Adhyaksa Kejagung RI, Ade Sofyan, Mewakili Salim Grup, Helmi, Mewakili Danrem 023/KS, Perwakilan Forkopimda Tapteng, Kepala Kajari Sibolga, Kakan Kemenag Tapteng, Kacab Bank Sumut Pandan, Perwakilan Bank BTN, OPD Tapteng, Pengurus DPC PAPDESI Kabupaten Tapteng dan Seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Tapanuli Tengah, Camat Tapian Nauli, para Masyarakat Penerima Bantuan Rehab RTLH, serta Tamu undangan lainnya.

Editor: Arman Junedy

T#g:pungliTapteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *