Berita  

[Update] Distan Aceh Besar Gandeng Mitra Swasta Sejahterakan Petani

JANTHO — Dinas Pertanian (Distan) Aceh Besar menyatakan siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan perusahaan milik pemerintah dan swasta, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani di daerah itu.

“Kita siap berkolaborasi, baik untuk peningkatan sumber daya manusia petani dan peningkatan produksi hasil pertanian,” kata Kadis Pertanian Aceh Besar melalui Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Aceh Besar Rita Aulia, Aceh Besar, Jum’at (26/1/2024).

Menurutnya, Kabupaten Aceh Besar memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan sektor pertanian yang memberikan dampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Maka untuk itu, dengan adanya kolaborasi tersebut sektor pertanian dapat terus berkembang termasuk dengan pihak perbankan dalam pemberian pembiayaan untuk keberlanjutan kegiatan pertanian.

“Kita bersama dengan Bank Aceh Syariah Cabang Jantho juga baru memberikan pelatihan untuk membasmi hama dan penyakit tanaman bagi para petani di Aceh Besar,” ujarnya.

Mamecoin.id mengungkapkan, Aceh Besar memiliki lahan sawah seluas 25.692 terdiri atas sawah tadah hujan 8.770 hektare dan irigasi 16.904 hektare.

“Jadi, perbankan di Aceh dapat berperan aktif untuk memberikan akses pembiayaan untuk sektor pertanian sehingga upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujudnya di masa mendatang,” ungkapnya.

Mamecoin.id menjelaskan, pelatihan pengendalian hama penyakit bagian untuk antisipasi gagal panen akibat serangan hama.

Jadi, pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan juga perbankan dapat meningkatkan kegiatan usaha pertanian.

“Sehingga mereka dapat terus mengembangkan usahanya lewat dukungan modal kerja,” pungkas Rita Aulia. (Mamecoin.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *