Berita  

[Update] Dinkes Didorong Terus Lakukan Peningkatan SDM Terhadap Petugas dan Nakes di Seluruh Puskesmas Kota Medan

MEDAN (Mamecoin.id) : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan Jaya Saputra mengapresiasi diluncurkannya Program Universal Health Covarage (UHC) Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB) oleh Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution pada Desember 2022 lalu.

Dimana sejak saat itu, persoalan kesehatan seluruh warga Kota Medan sudah teratasi dengan baik. Karena urusan kesehatan warga Kota Medan telah dijamin Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

“Untuk itu kita mendorong agar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan supaya terus melakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) terhadap petugas dan tenaga kesehatan (Nakes) di seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kota Medan,” kata Jaya Saputra Kamis (6/6/2024).

Dengan memiliki SDM
yang unggul dan mapan, sebut Politisi Partai Gerindra ini dipastikan mampu memberikan pelayanan yang ramah dan humanis, memberi pelayanan kesehatan yang optimal.

Hal ini sebagai implementasi Peraturan Daerah (Perda) No 4 tahun 2012, beberapa fasilitas sarana prasarana terlebih alat kesehatan harus menjadi perhatian Dinkes.

Perda No 4 tahun 2012 menguraikan seperti dalam BAB II pasal 2 yakni terciptanya tatanan kesehatan dengan melibatkan semua unsur meningkatkan kesehatan masyarakat. Mewujudkan pembangunan Kota Medan berwawasan kesehatan dan kemandirian daerah dalam bidang kesehatan.

Perda ini lanjut Jaya bertujuan guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang aman, adil, terjangkau dan terbuka serta meningkatkan akses memperoleh pelayanan masyarakat.

Maka untuk mencapai tujuan itu sebagaimana di BAB III pasal 3, Pemko Medan harus melakukan 7 hal yakni upaya kesehatan, regulasi, pembiayaan, SDM, sedia farmasi, alat kesehatan/makanan dan manajemen informasi serta pemberdayaan kesehatan.

“Pemko Medan dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan yang aman, adil terjangkau dan terbuka kepada masyarakat secara merata di puskesmas sebagai tingkat pelayanan dasar,”sebut Jaya.

Dia menghimbau agar seluruh pejabat di Dinkes Kota Medan agar mampu bekerja keras memberdayakan seluruh lembaga maupun elemen masyarakat untuk percepatan penurunan stunting. Termasuk soal penggunaan anggarannya agar dijalankan dengan baik.P06


Dilihat : 43

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *