Berita  

[Update] Curi Getah Karet di Kebun PT SIR Karena Faktor Ekonomi, Warga Aceh Barat Ditangkap

Meulaboh – Polres Aceh Barat Polda Aceh mengamankan satu pelaku pencurian getah karet di kawasan areal perkebunan milik PT Sari Inti Rakyat, kawasan Gampong Alue Lhe, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat.

Penangkapan terhadap pelaku tersebut atas laporan pihak perusahaan, sehingga pelaku berinisial Mi ditangkap yang saat ini telah diamankan di Mapolres Aceh Barat untuk ditindaklanjuti.

Kapolres Aceh Barat AKBP Andi Kirana melalui Kasat Reskrim Iptu Fachmi Suciandy, Senin (6/5) mengatakan, penangkapan terhadap tersangka berinisial MI atas laporan korban yakni Asisten Kepala (Askep) PT SIR, Nazir, pada Kamis (2/5/2024).

Menurutnya, saat itu Askep PT SIR, Nazir saat melakukan patroli di sekitar areal perkebunan perusahaan Sari Inti Rakyat Aceh Barat di Dusun Twi Gajah Mate, Gampong Alue Lhe, melihat MI sedang mencuri getah karet di areal kebun.

Pihaknya melihat banyak pohon karet yang telah dideres oleh MI tanpa sepengetahuan perusahaan yang diduga telah berlangsung selama 3 bulan berjalan dan getah karet hasil deresnya katanya dijual untuk kebutuhan sehari-hari.

Maka akibat pencurian oleh MI, pihak perusahaan merasa dirugikan, sehingga melaporkan kasus itu dan akhirnya pihak kepolisian melakukan penangkapan bersama barang bukti berupa 1 karung getah karet.

Sedangkan menurut keterangan tersangka, kata Kasat Reskrim, Mamecoin.id mengaku menggarap kebun karet tersebut karena menganggap lahan HGU milik perusahaan PT SIR sudah berakhir izinnya, di samping juga karena faktor ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Terkait dengan aksi pencurian tersebut, tersangka dikenakan Pasal 362 KUHPidana dengan ancaman 5 tahun kurungan penjara. (Mamecoin.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *