Berita  

[Update] Cek Berkala SPBE, Cara Pertamina Patra Niaga Sumbagut Pastikan Isi LPG 3 Kg Sesuai Takaran

Mamecoin.id – Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra bagian Utara (Sumbagut) melakukan pengawasan berkala guna memastikan takaran isi tabung LPG 3 kg sesuai standar di setiap Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) dan Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) di Provinsi Sumatra Utara (Sumut). 

Terbaru, pengecekan dilakukan Jumat (28/6/2024) di SPBE dan SPBBE terbesar di wilayah Medan dan Deliserdang, yakni SPPBE PT Petro Gasindo Energy, SPBE PT Wanantara dan SPBE, dan PT Sinar Mulia Centralindo.

“Menjaga konsistensi takaran LPG 3 kg,” jelas Area Manager Communication Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/6/2024).

Menurut Satria, Tim Retail Sales Sumbagut secara rutin melakukan cek berkala di SPBE dan SPPBE untuk melakukan pengawasan secara langsung dalam menjamin LPG yang dipasarkan ke masyarakat terpenuhi secara kuantitas dan kualitasnya.

“Tidak hanya dalam bentuk pengawasan, namun juga memonitoring pemutakhiran sistem agar penyaluran LPG 3 Kg berjalan dengan baik, mulai dari pengisian di SPPBE hingga ke masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Sales Branch Manager Pertamina Patra Niaga Rayon I Medan, Sigit Wicaksono, juga menambahkan, dalam setiap cek berkala – pihaknya memeriksa kondisi tabung gas, proses pengisian, serta penyimpanan gas, untuk memastikan bahwa semua proses dilakukan sesuai standar yang telah ditetapkan. 

“Pengecekan juga dilakukan pada mesin pengisian gas ke tabung di SPBE Unit Filling Machine (UFM), memastikan pengaturan UFM sesuai 3 kg berat isinya. Hasil cek berkala hari ini, tabung LPG 3 Kg masih dalam kondisi normal,” kata Sigit.

Dalam cek berkala ke tiga SPBE tersebut, lanjut Sigit, tim Sales Area Medan mengecek kesesuaian takaran. Pengecekan tabung LPG 3 kg dilakukan dengan sampling sebanyak 96 tabung dimana hasil pengecekan menunjukkan bahwa berat tabung sesuai dengan standar serta persentase sampel sesuai dengan ketentuan.

“Hasil pengecekan di lokasi dengan pengambilan sampel 96 tabung di setiap line pengisian SPBE. Dari pengecekan di 3 SPBE ini, seluruh tabung masih dalam berat normal sekitar 8 kg yang terdiri dari 5 kg berat tabung dan 3 kg berat isi LPG-nya. Selanjutnya tabung-tabung ini keluar dari SPBE dan didistribusikan oleh Agen ke pangkalan untuk kemudian disalurkan ke konsumen,” tambahnya. 

Bagi masyarakat dan pelanggan setia Pertamina yang membutuhkan informasi terkait produk dari Pertamina dapat mengakses web MyPertamina dan dapat memanfaatkan layanan Pertamina Call Center di nomor 135. (*)

(Medan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *