Berita  

[Update] Bupati Sugeng Terima Audiensi Gabema Sibolga-Tapteng Soal Koleksi Arkeologi Berita Terkini Medan Sumut

Pj Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta SH., MH., menerima audiensi Ketua Keluarga Besar Masyarakat (Gabema) Sibolga-Tapteng, Masriadi Pasaribu di rumah dinas Penjabat Bupati, di Jalan Raja Junjungan Lubis, Kelurahan Sibuluan Baru, Kecamatan Pandan, dalam rangka memohon dukungan dari orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten ‘Sahata Saholoan’ Jumat (5/7/2024).

Pj Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta SH., MH., menyambut baik kunjungan Ketua Gabema Sibolga-Tapteng dan menyebutkan, pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh masyarakat untuk kemajuan Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Serta untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan dan Cagar Budaya koleksi arkoleologi yang menjadi identitas Tapanuli Tengah yang masih berada di Laboratorim Barus,” ujar Pj Bupati Tapteng.

Sebelumnya, Ketua Gabema Sibolga-Tapteng menyampaikan kepada Pj Bupati Tapanuli Tengah, Dr Sugeng Riyanta SH., MH., terkait rencana Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk pemindahan koleksi arkeologi dari laboratorium Barus ke Gedung Koleksi BRIN, di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) Soekarno, yang berada di Cibinong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, agar tidak terlaksana.

Karena menurut Masriadi Pasaribu, dapat mengganggu upaya masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) dan Kota Sibolga, maupun yang berdomisili di rantau, menoreh kembali posisi Barus sebagai pintu gerbang peradaban Islam, di wilayah Nusantara.

Ketua Gabema Sibolga-Tapteng juga menyerahkan kepada Pj Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta SH., MH., salinan surat permohonan pembatalan pemindahan koleksi arkeologi kepada Presiden RI, Jokowi Dodo.

Turut hadir Kadis Pendidikan Tapteng, Boy Rahman Hasibuan, Plt. Kabag Kesra Tapteng, Parulian Sojuangon Panggabean, dan rombongan Gabema Sibolga-Tapteng

Editor: Arman Junedy

T#g:Sugeng Riyantaarkeologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *