Berita  

[Update] Bupati Sugeng Laksanakan Rakor dan Tinjau Persiapan Logistik Pemilu 2024 Berita Terkini Medan Sumut

Pj Bupati Tapanuli Tengah, Dr Sugeng Riyanta SH, MH, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), KPU dan Bawaslu Kabupaten Tapteng, mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dan meninjau logistik dalam rangka persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024.

Pj Bupati Tapanuli Tengah, Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH, menyampaikan tujuan Rakor ini sebagai ikhtiar tekad bersama untuk mensukseskan Pemilu Tahun 2024 yang dilaksanakan pada 14 Februari mendatang.

“Sesuai Perundang-undangan yang berlaku, Pemerintah Daerah mempunyai peran yang penting dalam rangka penyelenggaraan Pemilihan umum, legistlatif dan Pemilihan Presiden serta Pemilukada,” ujar Sugeng saat memimpin Rakor di Ruang Rapat Cendrawasih, Kantor Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Jumat (2/2/2024).

Mamecoin.id menyebutkan, bahwa Pemerintah Dearah sebagai fasilitator memberikan fasilitasi kepada penyelenggara Pemilihan Umum pada pengawas Pemilu beserta jajaran TNI dan POLRI.

“Fasilitasi itu diantaranya Penyediaan Anggaran, penyusunan data kependudukan, pelaksanaan kampanye. Dan Alhamdulillah tahapan-tahapan Pemilu hingga saat ini berjalan dengan baik, hasil koordinasi pengamatan dilapangan baik dari Bawaslu Tapteng, Kapolres Tapteng, Dandim 0211/TT, atas ijin Allah tidak ada kejadian pelanggaran kampanye yang menonjol yang dapat menggangu Kamtibmas maupun Stabilitas Daerah,” sebut Pj Bupati Tapteng.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah bersama dengan Forkopimda Tapteng, akan bersinergi sesuai tugas pokok dan fungsi masing masing untuk melakukan pemantauan pelaksanaan Pemilu dengan membentuk Desk Pemilu.

“Pada pelaksanaan Hari H Pemilu, peran Linmas didalam pengamanan di ring 1 TPS, nantinya kita akan melakukan pengecekan terkait dengan kesiapan Linmas, apakah Linmas sudah siap, dan yang utama bagaimana Netralitas Linmas didalam penyelenggaraan Pemilu 14 Februari 2024 ini,” ungkap Pria kelahiran Kulon Progo ini.

“Semenjak saya ditunjuk menjadi Pj Bupati Tapanuli Tengah, kami terus mensosialisasikan netralitas ASN, Netralitas Kepala Desa dan perangkat Desa. Disamping Bawaslu, kita juga sudah menindak pelanggaran-pelanggaran terhadap Netralitas yang sifatnya ringan, sudah melakukan fungsi sesuai dengan Undang undang Pemilu, saya sebagai Pj Bupati merupakan Pembina Kepegawaian, ketika ada laporan-laporan, kami juga melakukan pemeriksaan dan sudah memberikan teguran hukuman disiplin maupun pembinaan, yang sifatnya berat maupun ringan,” jelas Pendekar Hukum Utusan Presiden Jokowi Dodo itu.

Sebagai orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Tengah berharap pada Pemilihan Umum nanti, seluruh pemangku kepentingan dapat menjaga ketentraman hingga pesta demokrasi berjalan sesuai harapan rakyat.

“Harapan kita kedepan dengan langkah langkah yang akan kita lakukan bersama, dengan seluruh stakeholder, menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama agar Pemilu di Tapanuli Tengah terlaksana dengan baik, tentram, damai, luber, jujur dan adil, tidak ada intimidasi. Karena Pemilu merupakan Pesta Demokrasi, semua harus bergembira dalam memilih Pemimpin masa depan Indonesia,” pungkasnya.

Usai menggelar Rakor, Pj Bupati Tapanuli Tengah bersama Forkopimda, KPU, dan Bawaslu Tapteng meninjau persiapan Logistik Pemilu di Gedung Serbaguna Pandan.

Editor: Arman Junedy


T#g: Bawaslu Tapteng Forkopimda Tapteng KPU TaptengPj Bupati Tapanuli Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *