Berita  

[Update] Buka Pendaftaran Bacalon di Pilkada Serentak di Sumut, PKS Siapkan Tiga Jalur Penjaringan

Mamecoin.id – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyiapkan  tiga jalur penjaringan  bakal calon (Bacalon) kepala daerah di Pilkada serentak di Sumatera Utara (Sumut).

Ketua DPW PKS Sumut, Usman Jakfar, mengatakan jika mereka membuka ruang komunikasi dengan semua partai politik di Pilkada 2024. Termasuk dengan orang-orang yang ingin maju di Pilkada serentak nanti.

“PKS membuka diri untuk berkomunikasi dengan semua parpol dan juga seluruh putra-putri terbaik di Sumatera Utara dalam rangka mempersiapkan calon kepala daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota,” kata Usman Jakfar di Medan, Rabu (3/4/2024).

Usman memastikan PKS akan menyiapkan kader potensialnya untuk bertarung di Pilkada nanti. Mulai dari calon bupati hingga calon gubernur Sumut.

“Selain itu juga, PKS akan mempersiapkan beberapa nama kader yang potensial yang dapat kita tawarkan kepada masyarakat untuk menjadi bakal calon gubernur atau wakil gubernur, wali kota atau wakil wali kota, bupati atau wakil bupati,” ujarnya.

Usman menjelaskan jika Pilkada 2024 mereka bagi menjadi 3 zonasi. Seperti daerah yang PKS bisa mengusung sendiri sampai hanya sebatas mendukung.

“Kita membagi 3 daerah, daerah pertama kita mengusung ketika kursi kita cukup seperti Binjai walaupun kurang 1 ada pertambahan kursi, Kota Medan juga insyaallah kita akan mengusung dari internal kita sendiri dan beberapa daerah lain, kita juga akan mengusung menjadi orang keduanya atau kalau kita tidak mengusung kita akan mendukung lah, itu beberapa kriterianya,” terangnya.

PKS mulai membuka pendaftaran pada hari ini atau mereka sebut kickoff Pilkada serentak di Sumut. Penjaringan tersebut akan dilakukan secara internal dan eksternal.

“Ada tiga pintu ya, pertama pendaftaran melalui jaring aspirasi masyarakat akan kita iklankan di media massa, yang kedua kita aktif mendata tokoh-tokoh potensial nanti akan dilakukan oleh panitia penjaringan dan penyaringan, juga kita akan melakukan jalur internal nanti setiap unit akan mengusulkan 2 nama untuk calon kepala daerah,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Penjaringan dan Penyaringan Pilkada Sumut, Amsal Nasution, menuturkan jika penjaringan dan penyaringan di daerah akan dilakukan hingga Juli 2024.

Mulai Juli hingga Agustus atau menjelang pendaftaran ke KPU, proses akan dilakukan di DPP PKS.

“Proses penjaringan dan penyaringan itu efektif sejak mulai hari ini dan ujungnya itu kita menyesuaikan dengan pendaftaran di KPU, jadi di daerah akan ada tahapan sampai Juli, dari Juli ke Agustus itu akan ada tahapan di DPP dan pada Agustus sudah siap mendaftar di DPP,” pungkasnya. (*)

(Medan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *