Berita  

[Update] Bobby Nasution Apresiasi Pesta Gondang Naposo dalam Rangka HUT Bhayangkara

Mamecoin.id – Apresiasi disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution atas digelarnya kegiatan Pesta Gondang Naposo dalam rangka HUT Bhayangkara ke -78 yang berlangsung di Taman Tugu Pahlawan Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Kota, Sabtu (29/6/24) malam. Pagelaran kebudayaan adat Batak ini bertemakan “Bersama Merawat dan Mencintai Budaya”.

“Pesta Gondang Naposo ini sangat luar biasa, karena bisa mengenalkan kembali adat istiadat dan menyelaraskan tradisi di era modern dan digital saat ini. Kami sangat apresiasi kegiatan ini”, kata Bobby Nasution.

Menurut Bobby Nasution, acara adat seperti ini mungkin belum semua orang paham dan mengetahuinya. Apalagi masyarakat keturunan Batak yang sudah merantau sedikit  banyaknya pengetahuan tentang adat dan istiadat agak sedikit terkikis.

Bobby Nasution menambahkan, Pagelaran hari ini dapat kita ambil maknanya terutama dalam memilih pasangan hidup yang terbaik. Apalagi saat ini dalam mencari jodoh beragam macam cara, bahkan melalui aplikasi pun ada. Oleh karenanya kegiatan seperti ini harus kita lestarikan agar adat istiadat dan kebudayaan tetap terjaga.

“Pagelaran ini selain dapat kita ambil maknanya juga dapat menjadi menambah nilai pariwisata di kota Medan. kami berterima kasih kepada Polrestabes Medan atas digelarnya kegiatan ini karena kita ketahui Medan bukan daerah yang memiliki potensi alam yang bisa dijadikan pariwisata”, ujar Bobby Nasution.

Dijelaskan Bobby Nasution dihadapan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Teddy Jhon Sahala Marbun dan unsur Forkopimda, untuk mengangkat pariwisata kota Medan adalah adat istiadat kita yang begitu kaya. Dimana terdapat 13 etnis  yang ada di kota Medan hidup berdampingan  dan rukun yang bisa kita perkenalkan untuk meningkatkan pariwisata di Kota Medan. 

“Kami berharap pagelaran ini dapat menjadi agenda tahunan seperti kegiatan kebudayaan dari suku atau etnis lainnya yang ada di Kota Medan. Seperti etnis Melayu dengan Gelar Melayu Serumpun dan Pesta Tahunan dari suku Karo. Nah ini dari Toba kami tunggu pengajuannya untuk menjadi agenda tahunan di kota Medan. Karena kita ketahui Medan terbentuknya bukan hanya dari satu etnis saja, tetapi dari seluruh etnis yang ada”, pungkas Bobby Nasution.

Dalam kegiatan ini, Bobby Nasution pun berpesan kepada anak-anak muda kreatif yang tampil agar dapat menjauhi narkoba, karena kita sadari Medan masuk dalam kota teratas dalam kejahatan narkobanya. Untuk itu dimohonkan kepada kita semua untuk sama-sama perangi narkoba. Artinya bukan hanya slogan tapi benar-benar  kita selamat generasi muda kita untuk mencapai Indonesia Emas 2045. 

“Selain narkoba jauhi juga Judi Online yang kini diketahui memiliki efek buruk yang luar biasa untuk kehidupan kita. Saya juga menitip pesan untuk dapat menjaga kota Medan”, harap Bobby Nasution.

Selanjutnya Bobby Nasution bersama Kapoltabes Medan menyaksikan pertunjukan tarian kebudayaan adat Batak dan penampilan Marsada Band. Bobby Nasution juga disematkan kain ulos sebagai ungkapan rasa terima kasih atas  kehadirannya dan mendukung kegiatan tersebut.

(Medan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *